IMG-LOGO
Daerah

Ratusan Yatim Ikuti ‘Happy Camp’ di Kampus Unhasy Tebuireng


Ahad 1 September 2019 19:30 WIB
Bagikan:
Ratusan Yatim Ikuti ‘Happy Camp’ di Kampus Unhasy Tebuireng
Kegiatan Happy Camp digelar di halaman kampus Unhasy, Tebuireng, Jombang. (Foto: NU Online/Ibnu Nawawi)

Jombang, NU Online

Aneka kegiatan digelar masyarakat dalam rangka menyambut datangnya tahun baru Islam, 1441 Hijriah. Hal ini juga dilakukan Pesantren Tebuireng Jombang, Jawa Timur dengan mengundang 120 anak yatim untuk mengikuti happy camp.

 

Kegiatan yang dipusatkan di halaman Universitas Hasyim Asyari (Unhasy) Tebuireng tersebut merupakan hasil kerja sama Forsil (Forum Silaturahmi LAZ/Lembaga Amil Zakat) se-Jombang sebagai sarana menyambut 1 Muharam 1441 Hijirah.

 

Selain berasal dari sejumlah desa yang ada di Kabupaten Jombang, para anak yatim tersebut juga ada yang berasal dari Kecamatan Ngimbang, Lamongan. Mereka menginap selama satu malam, Sabtu hingga Ahad (31/8-1/9).

 

Happy camp ini dalam rangka menyambut tahun baru Islam atau tahu baru hijriah. Seluruh anak yatim menginap semalam di sini (Unhasy),” kata Ketua Forsil Jombang, Ustaz Afif Abdul Rokhim.

 

Pria yang juga Direktur Lembaga Sosial Pesantren Tebuireng atau LSPT tersebut menjelaskan, happy camp diisi dengan sejumlah acara. Di antaranya adalah dongeng Islam, fun game, motivasi, pemberian santunan dan peralatan sekolah, napak tilas sejarah Pesantren Tebuireng, dan sejarah Islam di Jombang.

 

Mahasiswa Pascasarjana Unhasy ini menjelaskan bahwa maksud dari kegiatan itu agar para anak yatim dapat merasa senang dan gembira dengan datangnya tahun baru Islam.

 

“Tujuan acara ini tidak hanya untuk menghibur adik-adik yatim, tapi juga mengedukasi dan memotivasi mereka untuk menjadi anak yang hebat dalam pendidikan, serta hebat dalam ber-Islam,” ungkapnya.

 

Ustadz Afif menandaskan, kegiatan serupa akan terus dikembangkan menjadi agenda rutin untuk menyalurkan bantuan sosial kemanusian. “Hal tersebut guna membantu fakir miskin, duafa dan anak-anak yatim,” tandasnya.

 

 

Sekadar diketahui, setidaknya ada sembilan lembaga amil zakat yang tergabung di Forsil Jombang. Kesembilan lembaga tersebut adalah Yatim Mandiri, LSPT, LAZUQ, Alizzah Peduli, BMH, Rombong Sedekah, Al-Haromain, LAZISNU, serta LAZISMU.

 

Selama kegiatan berlangsung, peserta tampak mengikuti dengan suka cita. Raut wajah ceria semakin terlihat saat mereka membawa aneka bingkisan yang telah disiapkan panitia untuk dibawa pulang.

 

Pewarta: Ibnu Nawawi

Editor: Aryudi AR

 

Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG