IMG-LOGO
Daerah

Bumikan NU di Kawasan Wana Wisata, MWC Bulu Rembang Gelar Pawai Muharam


Ahad 1 September 2019 22:00 WIB
Bagikan:
Bumikan NU di Kawasan Wana Wisata, MWC Bulu Rembang Gelar Pawai Muharam
PAC Fatayat NU Bulu ambil bagian dalam pawai Muharam (foto: NU Online/Asmui)
Rembang, NU Online
Pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Bulu, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah terus membuat gebrakan sebagai program untuk menebar ajaran Ahlusunnah Waljamaah.
 
Seperti halnya yang dilakukan pada Ahad (1/9) pagi, mereka menggelar pawai karnaval yang diikuti lebih dari 3.000 peserta yang terdiri dari jajaran pengurus NU, badan otonom, dan lembaga di lingkup MWCNU setempat untuk menyemarakkan Peringatan Tahun Baru Islam 1441 Hijriyah.
 
Ketua Pengurus MWCNU Kecamatan Bulu KH Muhammad Syarqowi mengatakan, kegiatan tersebut untuk menghidupkan tradisi Nahdlatul Ulama di wilayah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Blora.
 
Meski tidak mudah, namun berkat tekad bersama, acara yang rutin digelar setiap satu Muharam itu dapat terselenggara di wilayah Kecamatan Bulu paling timur.
 
“Misinya adalah untuk membumikan NU di Kecamatan Bulu, utamanya di wilayah timur yang terus terang memang agak kesulitan. Tapi Alhamdulillah acara Muharam ini bisa kita selenggarakan di wana wisata Mantingan yang merupakan wilayah timur ini,” kata Kiai Syarqowi.
 
Lebih lanjut Kiai Syarqowi menyampaikan, ada sejumlah target yang dicapai dalam program kegiatan yang terencana itu. Di antaranya, menghidupkan kembali kepengurusan ranting NU di wilayah setempat dan menangkal faham radikalismi masuk di kawasan pelosok pedesaan tepi hutan.
 
Pawai menempuh rute dengan start dari wana wisata pemandian Mantingan, Bulu. Kemudian berjalan menuju arah Rembang, belok di wilayah perkampungan Desa Mantingan. Menempuh jalur memutar hingga kembali finish di lokasi pemandian.
 
“Usai pawai ada pengundian hadiah bagi para peserta juga. Pawai seperti ini sudah setiap tahun kami lakukan. Sudah sejak aktif di NU sekitar 10 tahunan ini,” imbuhnya.
 
Dijelaskan, Wana Wisata Kartini Mantingan, berada di Desa Mantingan, Kecamatan Bulu 22 km ke selatan jurusan Blora. Obyek wisata dikawasan hutan jati yang teduh, nyaman, dan sejuk ini dikelola oleh Perum Perhutani.  
 
"Di kawasan ini ranting NU kurang aktif, sehingga perlu dihidupkan kembali melalui kegiatan Pawai Muharam 1441 Hijriyah," tuturnya.
 
Syarqowi menyebut, kegiatan menyambut tahun baru Hijriyah bukan hanya pawai Muharam saja. Selama satu bulan penuh, MWCNU Bulu telah mengagendakan serangkaian acara Muharam.
 
“Ada lomba hadrah, kasidah, voli, cerdas cermat, PKPNU besok tanggal 6 dan 7 September, ada juga lomba pidato dan baca puisi, qiraatul qur’an, dan banyak lagi. Dan akan ditutup dengan pengajian umum serta perkemahan,” pungkasnya.
 
Acara tersebut juga dihadiri oleh pengurus Cabang, Forkopimcam, dan perwakilan tokoh masyarakat se-Kecamatan Bulu.
 
Kontributor: Ahmad Asmui
Editor: Muiz
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG