IMG-LOGO
Internasional

Jika di Makkah Ada Pemakaman Ma'la, di Madinah Ada Baqi


Senin 2 September 2019 15:15 WIB
Bagikan:
Jika di Makkah Ada Pemakaman Ma'la, di Madinah Ada Baqi
Komplek pemakaman Baqi di Madinah, Arab Saudi (foto: NU Online/Muhammad Faizin)
Madinah, NU Online
Jika di Kota Suci Makkah Arab Saudia ada pemakaman Ma'la yang merupakan makam keluarga Nabi Muhammad SAW termasuk istri pertama nabi, Sayyidah Siti Khadijah, maka di Kota Madinah ada Pemakaman Baqi', tempat dimakamkannya para keturunan nabi, sahabat, dan para syuhada.
 
Makam Baqi berada sekitar 500 meter di sebelah Barat Daya Masjid Nabawi. Makam baqi menjadi salah satu di antara tempat favorit yang dikunjungi jamaah selain Makam Nabi Muhammad dan Raudhah.
 
Pemakaman Baqi cukup luas yakni sekitar 174.962 meter persegi dan dikelilingi pagar tinggi. Sebelum memasuki dan berziarah ke makam yang hanya ditandai dengan batu-batu ini, jamaah disambut dengan baliho berisi tata cara ziarah kubur yang sudah ditentukan oleh Pemerintah Arab Saudi. 

Tentara keamanan Arab Saudi pun berjaga-jaga di gerbang dan di dalam pemakaman diperalati dengan pentungan layaknya petugas satpam.
 
Kontributor NU Online, Muhammad Faizin dari Madinah melaporkan, memasuki pintu gerbang terlihat hamparan pasir dan batu sebagai penanda makam. Tampak sebagian makam ada yang terlihat istimewa dengan ukuran nisan lebih besar serta terlihat dibangun menggunakan semen.
 
Ada sekitar 10 ribu sahabat termasuk para syuhada Perang Badar dan Uhud dan keluarga Nabi Muhammad SAW yang dimakamkan di tempat tersebut seperti Siti Aisyah, Fatimah az-Zahra, Ruqayyah, Zainab, dan Ummi Kultsum, Usman Bin Affan, Abbas bin Abd al-Muthalib, dan para cucu Nabi. 
 
Salah satu jamaah haji asal Indonesia, Mubalighin Adnan yang berziarah ke makam tersebut berharap keberkahan akan didapatnya dengan berdoa di makam para keturunan nabi.
 
"Alhamdulillah habis shalat Subuh bisa ziarah di makam para sahabat putra putri Rasulullah dan orang-orang shaleh di Makam Baqi, semoga tambah berkah," harapnya, Senin (2/9).
 
Di sela-sela hilir mudik jamaah di gang-gang pemakaman, petugas kebersihan dan penggali kubur bekerja di bawah terik sinar matahari. Petugas kebersihan bekerja mengumpulkan dan menggunduk-gundukkan pasir dan batu di atas makam yang tercecer. Petugas gali menggali beberapa makam yang akan diisi kembali dengan jenazah baru.
 
Sebelum dimakamkan di Baqi, jenazah akan dishalatkan dulu di Masjid Nabawi dan kemudian dibawa menuju peristirahatan terakhir. Tidak ada nama di setiap makam di Baqi. Hanya batu nisan dan gundukan pasir menjadi tanda, karena memang peraturan dan paham Arab Saudi yang menetapkan seperti itu. 
 
Kontributor: Muhammad Faizin
Editor: Muiz
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG