Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Temukan Kader Milenial Lewat Ajang 'Pelajar NU Cup'

Temukan Kader Milenial Lewat Ajang 'Pelajar NU Cup'
Pelajar NU Cup digelar IPNU-IPPNU Bawang, Batang, Jateng. (Foto: NU Online/Sodikin)
Pelajar NU Cup digelar IPNU-IPPNU Bawang, Batang, Jateng. (Foto: NU Online/Sodikin)
Batang, NU Online
Sejumlah ikhtiar dilakukan kepengurusan Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) untuk menggaet kader baru. 
 
Seperti yang dilakukan Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU-IPPNU Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah dengan menggelar Pelajar NU Cup.
 
“Ini adalah kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Bawang,” kata Rizqiatul Khalaliyah, Ahad (1/9).
 
Ketua PAC IPPNU Bawang tersebut mengemukakan bahwa kompetisi diselanggarakan sejak Sabtu hingga Ahad (31/8-1/9) di Triumphant Futsal Bawang. 
 
Menurutnya, kegiatan ini menjadi ajang silaturahim dan kaderisasi kader pelajar NU dari tingkatan ranting dan komisariat. 
 
“Di era milenial, kaderisasi harus sering digalang sesuai dengan kemauan kader. Karena pengembangan sumber daya manusia terutama pemuda, tidak serta merta terus didapat melalui pendidikan formal,” ungkapnya. 
 
Dalam pandangannya, justru lewat lomba seperti ini menjadi salah satu pondasi kader berkhidmat di NU dan di masyarakat sesuai kemauan dan kemampuannya.
Lebih lanjut, Rizqiatul Khalaliyah menjelaskan bahwa pemuda harus menjadi contoh kemajuan pemikiran maju di era milenial. 
 
“Dengan landasan kuat, cita-cita kita menggaet pemuda-pemudi yang ingin mengembangkan minat bakat melalui olahraga, kita harus sering menjalin komunikasi dengan baik,” ungkapnya. 
 
Selanjutnya, dirinya menjelaskan bahwa IPNU-IPPNU harus menjadi wadah kader pelajar NU di era milenial yang ingin memajukan organisasi dengan minat bakat dan kemampuannya. 
 
“PAC IPNU dan IPPNU Kecamatan Bawang mengharap, kaderisasi semacam ini harus terus diselenggarakan. Dengan maksud dan tujuan demi kemajuan dan perkembangan organisasi dan pemuda,” tandasnya. 
 
Agus Kurniawan selaku ketua panitia mengemukakan bahwa lomba futsal kali ini diikuti 28 tim. “Mereka adalah utusan dari Pimpinan Ranting IPNU se-Kecamatan Bawang, juga PAC IPNU se-Kabupaten Batang dan sekitarnya,” jelasnya.
 
Dari kegiatan yang berlangsung demikian semarak dan penuh keakraban tersebut akhirnya terpilih sebagai juara pertama yakni kontingen dari PR IPNU Desa Gunungsari. Sedangkan peserta dari PR IPNU Desa Candirejo sebagai juara kedua. Juara ketiga direbut PK MA Sunan Kalijaga, serta PK MANU Limpung.
 
Dirinya  mengucapkan terima kasih kepada segenap donatur, sponsor, dan segala pihak yang terlibat dalam mensukseskan acara tersebut. 
 
“Dengan kerja sama yang baik, PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Bawang akan terus meningkatkan kualitas kegiatan kaderisasi. Semoga di kegiatan kegiatan yang akan datang, kerja sama semacam ini akan berjalan lebih baik dan lebih tertata,” harapnya.
 
 
Pewarta: Sodikin
Editor: Ibnu Nawawi
BNI Mobile