IMG-LOGO
Daerah

Rais NU Jateng Baiat Calon Legislator PKB


Selasa 3 September 2019 23:00 WIB
Bagikan:
Rais NU Jateng Baiat Calon Legislator PKB
Rais PWNU Jateng baiat legislator PKB asal Jawa Tengah
Semarang, NU Online
Bertempat di Cafe Tali Jagat komplek Kantor Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jateng, Jl Dr Cipto 180 Semarang, Senin (2/9) malam, legislator Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) asal Jawa Tengah dibaiat Rais PWNU Jateng KH Ubaidulloh Shodaqoh.
 
Disaksikan oleh jajaran PWNU dan PCNU se-Jawa Tengah, baiat ini memiliki makna penting,  para legislator mengikatkan diri untuk selalu berkomitmen terhadap perjuangan NU.
 
"Bai'at para calon pimpinan legislator di parlemen-parlemen lokal di Jateng yang menyatakan komitmennya untuk selalu berkonsultasi kepada pimpinan NU dalam menjalankan fungsi dewan terutama terkait dengan tugas legislasi, budgeting dan kontrol terhadap jalannya pemerintahan ini sangat penting, agar dalam setiap langkahnya tidak meninggalkan NU," tegas Kiai Ubaid.
 
Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PKB Hasanuddin Wahid mempersilahkan para kiai dan pimpinan  NU untuk menjewer para legislator jika dalam menjalankan tugas legislasinya tidak segaris dengan strategi dan misi NU. 
 
"NU dan PKB itu ibarat orang tua dan anak, kalau anak tidak benar jalannya, orang tua sudah sepatutnya njewer," ujar Hasanudin Wahid saat memberikan sambutan dalam acara silaturahmi PWNU dan PCNU se-Jateng bersama DPW PKB Jateng sekaligus Pembekalan dan Pemberian Mandat Calon Pimpinan & Fraksi PKB  Provinsi-Kabupaten se-Jateng di Semarang.  
 
Menurutnya, karena  hubungan PKB dan NU diibaratkan antara anak dan orang tua, maka sampai kapanpun keduanya tidak bisa dipisah, apapun kondisinya. 

Para caleg PKB yang berhasil melenggang ke gedung dewan tidak bisa lepas dari dukungan suara nahdliyyin. "Karena itu sebelum mereka menjalankan amanat sebagai legislator, terutama para pimpinan fraksi dan dewan harus menjalani bai'at," tandasnya.

Ketua DPW PKB Jateng, KH Yusuf Chudlory mengatakan, dalam pemilu legislatif 2019 PKB berhasil menempatkan  wakilnya di 34 DPRD kabupaten/kota se-Jateng, hanya satu yang gagal mengantarkan kadernya di parlemen lokal, yakni DPRD Kota Surakarta.
 
"Mengiringi sukses itu, PKB berhasil menempatkan politisinya sebagai pimpinan dewan di 29 DPRD yang empat di antaranya sebagai ketua dewan, yakni DPRD Kabupaten Tegal, Pekalongan, Batang dan Kendal," ujar Gus Yusuf. 
 
Untuk DPRD Jateng tuturnya, sebagai partai pemenang kedua setelah PDIP, PKB berhak menempatkan legislatornya sebagai salah satu pimpinan dewan (wakil ketua).
Total kursi anggota DPRD Kabupaten/Kota se-Jateng dari PKB yang didapat dalam pileg 2019 sebanyak 243 kursi, meningkat dari pemilu 2014 yang hanya 196, DPRD Jateng (20 kursi) meningkat dari sebelumnya (13) dan DPR RI (13) dari sebelumnya (10) 
 
Kontributor: Samsul
Editor: Muiz
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG