IMG-LOGO
Nasional

Rapat Tahunan Inkopan Muslimat Penting untuk Pendidikan Anggota Koperasi


Jumat 6 September 2019 13:30 WIB
Bagikan:
Rapat Tahunan Inkopan Muslimat Penting untuk Pendidikan Anggota Koperasi
Deputi Bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) Luhur Pradjarto saat membuka acara Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tutup Buku Tahun 2018 PP Muslimat NU di Hotel Bintang, Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat, Jumat (6/9).
Jakarta, NU Online
Induk Koperasi An-Nisa (Inkopan) Pimpinan Pusat Muslimat Nahdlatul Ulama (PP Muslimat NU) menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tutup Buku Tahun 2018 di Hotel Bintang, Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat, Jumat (6/9).

Deputi Bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) Luhur Pradjarto hadir membuka acara tersebut. Dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa RAT penting karena juga memberikan pendidikan bagi para anggota koperasi.

“Dengan menghadirkan ibu-ibu, RAT otomatis kita juga memberikan pendidikan. Ini yang perlu disadari bagaimana kita bisa menerapkan prinsip koperasi tadi,” katanya.

Pasalnya, jelas Luhur, RAT melaksanakan prinsip-prinsip koperasi, yakni transparansi dengan  adanya laporan, demokrasi, dan pendidikan anggota. “Dengan RAT secara tidak langsung ibu-ibu melaksanakan prinsip-prinsip koperasi,” ujarnya.

Di samping itu, katanya, RAT juga bisa menjadi ajang silaturrahmi yang memberikan banyak manfaat. Karenanya, ia menegaskan bahwa rapat anggota bisa dilaksanakan saban bulan karena dalam Undang-Undangnya minimal dilakukan sekali. Artinya boleh dilakukan beberapa kali dalam setahun. 
 
“Boleh dilaksanakan setiap bulan sekali. Di dalam UU minimal sekali setahun,” jelas Luhur.

Luhur mengatakan bahwa bisa saja pertemuan yasinan dimanfaatkan untuk melaksanakan rapat anggota. “Ibu-ibu sering pertemuan yasinan bisa dimanfaatkan untuk rapat anggota,” katanya.

Ia juga menegaskan bahwa dalam kegiatan RAT ini tidak begitu perlu banyak pendapat, tetapi yang penting menyusun strategi untuk menghasilkan pendapatan yang banyak. Dikatakan, hal itu sangat penting guna meningkatkan kesejahteraan seluruh anggota.
 
“Pikirkan bagaimana usahanya maju dan pendapatannya besar,” pungkasnya. 

Selain rapat anggota, dalam kegiatan ini juga dirangkaikan dengan beragam pelatihan dan sosialisasi dari berbagai perusahaan yang sudah bekerja sama dengan Inkopan.

Kegiatan ini diikuti oleh puluhan anggota Muslimat, Puskop dan Koperasi Primer di bawah Inkopan. Rencananya, Ketua Umum PP Muslimat NU Hj Khofifah Indar Parawansa juga akan menyempatkan hadir pada kegiatan tahunan ini pada siang nanti.
 
Pewarta : Syakir NF
Editor : Muchlishon
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG