IMG-LOGO
Daerah

Muslimat NU Jatim Segera Miliki Layanan Klinik di Setiap Cabang 


Jumat 6 September 2019 20:30 WIB
Bagikan:
Muslimat NU Jatim Segera Miliki Layanan Klinik di Setiap Cabang 
PW Muslimat NU Jatim melakukan kerja sama dengan sejumlah kalangan. (Foto: NU Online/Lina)
Surabaya, NU Online
Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) II Pimpinan Wilayah (PW) Muslimat NU Jawa Timur menggandeng Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, Tokopedia, dan CV Berkah Aswaja untuk bersinergi bersama dalam meningkatkan pelayanan umat.
 
Ketua PW Muslimat NU Jatim, Hj Masruroh Wahid mengatakan kerja sama ini diperlukan supaya meningkatkan pelayanan dan kemudahan bagi setiap kader. 
 
“Tidak hanya itu, dalam waktu dekat akan mendirikan klinik di setiap kepengurusan Pimpinan Cabang (PC) Muslimat NU di kabupaten dan kota se-Jawa Timur,” katanya, Jumat (6/9). 
 
Dirinya bersama pengurus yang lain ingin memastikan semua Muslimat NU di daerah tidak terkendala saat mengakses pelayanan kesehatan. 
 
“Maka ke depan kami ingin setiap cabang memiliki layanan klinik yang berbasis keanggotaan BPJS. Bentuk one cabang one klinik diharapkan bisa dimanfaatkan masyarakat utamanya anggota Muslimat NU," jelasnya. 
 
Lebih lanjut, perempuan asal Mojoagung, Jombang tersebut memaparkan bahwa peran Muslimat NU di Jawa Timur tidak sekadar melayani agama saja. “Juga pendidikan, ekonomi dan kesehatan yang dinilai masih menjadi problem di Jawa Timur,” ungkapnya. 
 
Menurutnya, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Jawa Timur masih di peringkat ke 15, hal ini tidak sesuai dengan tekad provinsi ini yang membangun dengan semangat Cettar. Cetar sendiri adalah Program Nawa Bhakti Satya yang diperas atau dirangkum untuk 99 hari pertama kerjanya. Rinciannya yaitu Cepat, Efektif, Tanggap, Transparan, dan Responsif. 
 
"Muslimat NU ingin mengangkat IPM Jawa Timur yang hari ini masih di strata tingkat 15 dari 34 provinsi. Padahal Jawa Timur ini Cettar. Kalau sampai pusat menunjuk Jatim sebagai projek 4.0 itu berarti penjabat kita bisa. Masak ya IPM nya tetap seperti itu," jelasnya. 
 
Keinginan untuk membantu  meningkatkan IPM Jawa Timur melalui kerja sama dengan BPJS Kesehatan, Tokopedia, dan Berkah Aswaja, diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan dan pelayanan di masyarakat. 
 
"Maka, Muslimat NU sebagai organisasi yang besar, anggotanya besar terutama di pedesaan secara ekonomi perlu dibantu, secara pendidikan perlu ditingkatkan, secara kesehatan juga perlu diberi akses pelayanan yang memadai,” harapnya. 
 
Dengan aneka kerja sama tersebut diharapkan cita-cita bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.
 
“Saya yakin jika kerja sama ini berjalan, maka IPM Jatim juga merangkak ke atas atau mengalami peningkatan," tandasnya. 
 
Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) II Pimpinan Wilayah (PW) Muslimat NU Jawa Timur diselenggarakan di kantor Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, jalan Masjid al-Akbar Timur, 9 Surabaya. 
 
 
Pewarta: Lina
Editor: Ibnu Nawawi
 
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG