IMG-LOGO
Daerah

Pembentukan PAC Ansor Sumedang di Bawah Jembatan Sungai


Senin 9 September 2019 08:00 WIB
Bagikan:
Pembentukan PAC Ansor Sumedang di Bawah Jembatan Sungai
Pembentukan PAC Ansor di Sumedang di bawah jembatan sungai
Sumedang, NU Online
Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor kabupaten Sumedang membentuk kepengurusan Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Surian, Sumedang, Jawa Barat di Desa Wanajaya, Ahad (8/9).
 
Uniknya, kegiatan pembentukan pengurus PAC yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Subang dan Indramayu ini dilaksanakan di bawah jembatan sungai juglegan Cikandung desa Wanajaya Surian.
 
Ketua pelaksana pembentukan PAC GP Ansor Ridwan Sayyidi mengatakan, kegiatan pembentukan PAC Ansor sengaja tidak ditempatkan di gedung, sekolah atau pesantren semata-mata untuk menunjukkan lingkungan Kecamatan Surian masih terdapat hamparan sawah yang tumbuh dengan tanaman subur.
 
"Sengaja kegiatan ini dilaksanakan di bawah jembatan yang dikelilingi pesawahan dan perkebunan, untuk menunjukan bahwa daerah Surian ini notabene daerah dengan mayoritas lahan perkebunan, persawahan, dan hutan," ujarnya.
 
Dikatakan, kegiatan Ansor di bawah jembatan dilaksanakan secara sangat sederhana tanpa spanduk, sound system maupun hidangan yang disajikan juga sangat sederhana.
 
"Meski tanpa perlengkapan dan konsumsi yang memadai sebagaimana ketika acara berlangsung di gedung, akan tetapi kegiatan pembentukan pengurus Ansor di bawah jembatan berlangsung cukup dinamis dan sukses," bebernya.
 
Wakil Ketua PC GP Ansor Sumedang Acep Komarudin Hidayat mengatakan, Ansor adalah salah satu anak dari Nahdlatul Ulama. Oleh karena itu, segala tindak tanduknya seluruh kader Ansor termasuk Banser harus mengacu kepada NU.
 
"Termasuk dalam hal akidah, muamalah, dan komitmen menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," ujarnya.
 
Dikatakan, sebagai anak tertua NU, Ansor harus menjadi panutan dan contoh dalam menjaga, mengamalkan, dan mensyiarkan akidah ahlussunnah waljamaah annahdliyah.
 
"Kader Ansor harus bisa menjaga, mengamalkan, dan mensyiarkan akidah ahlussunah waljamaah ala Nahdlatul Ulama di tengah-tengah masyarakat, khususnya di kalangan para pemuda," ungkapnya.
 
Sementara itu, Ketua Pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Surian KH Husen mengapresi dibentuknya PAC GP Ansor Surian. Pasalnya, Ansor Surian sangat penting hadir di tengah-tengah masyarakat yang berada di kawasan perbatasan wilayah.
 
"Terima kasih atas dibentuknya PAC GP Ansor Kecamatan Surian. Mudah-mudahan ke depannya bisa sukses, syiarnya bisa rame di masyarakat kecamatan Surian," ujarnya.
 
Pembentukan pengurus dalam suasana santai dengan lesehan di bawah jembatan tersebut menghasilkan kesepakatan, yakni Ridwan Syayyidi terpilih menjadi Ketua PAC GP Ansor Surian masa khidmah 2019-2021.
 
Tampak hadir dalam kegiatan Ansor, Pengurus MWCNU kecamatan Surian, KH Husen Hidayat, beberapa pemuda utusan dari tiap desa se-Kecamatan Surian, dan Wakil Ketua bidang kaderisasi dan organisasi PC GP Ansor Sumedang, Acep Komarudin Hidayat, serta beberapa pengurus cabang lainnya.
 
Kontributor: Syarif Hidayatulloh, Ayi Abdul Kohar
Editor: Muiz
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG