Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Pelatihan Pembuatan Makalah Iringi Kiprah PMII di Pontianak

Pelatihan Pembuatan Makalah Iringi Kiprah PMII di Pontianak
Pelatihan pembuatan makalah PMII Rayon Syariah dan Rayon Syaih Mahfud At-Tirmasi Pontianak Raya, Kalbar. (Foto: NU Online/Siti Maulida)
Pelatihan pembuatan makalah PMII Rayon Syariah dan Rayon Syaih Mahfud At-Tirmasi Pontianak Raya, Kalbar. (Foto: NU Online/Siti Maulida)
Pontianak, NU Online
Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Rayon Syariah dan Rayon Syaih Mahfud At-Tirmasi Pontianak Raya, Kalimantan Barat menggelar pelatihan pembuatan makalah. Kegiatan dipusatkan di kantor Pengurus Wilayah Nahdatul Ulama (PWNU) Kalbar, Sabtu (7/9).
 
Agenda ini merupakan kegiatan yang diperuntukan kepada seluruh mahasiswa baru dan khususnya bagi mahasiswa IAIN Pontianak. Sedangkan pemateri adalah Qomaruzzaman dan Tiara Sari selaku Ketua Umum Komisariat IAIN Pontianak Raya.
Dalam penuturan ketua panitia, Bobi Azhari bahwa ini merupakan kejutan besar bagi panitia sendiri. 
 
“Dengan peserta yang menembus angka 163 peserta sebuah angka di luar ekspektasi panitia, sebelumnya hanya diperkirakan 50 peserta saja yang akan hadir. Ini merupakan prestasi yang perlu diapresiasi untuk sahabat-sahabat yang ikut dalam kepanitiaan,” tuturnya.
 
Dari banyaknya peserta hadir dalam pelatihan pembuatan makalah ruangan yang  disediakan panitia tidak mampu menampungnya menjadi satu, sehingga ruangannya pun dibagi menjadi dua bagian. Di bagian atas yang menjadi pemateri yaitu dosen IAIN Pontianak, Qomaruzzaman, sedangkan di bagian bawah diisi Tiara Sari.
 
"Ini merupakan kejutan besar bagi panitia sendiri, sehingga ruanganyapun mau tidak mau harus dibagi menjadi dua, walaupun sedikit kurang mengenakkan bagi peserta makalah yang hadir,” akunya.
 
Walaupun tempatnya kurang memadai, tapi mereka masih antusias  dalam mengikuti kegiatan ini. 
 
“Ini terbukti dari keaktifan para peserta dalam tanya jawab dengan pemateri Qomaruzzaman ketika ada yang menjanggal dari penyampainya pemateri. Sehingga materi yang disampaikan tidak membosankan,” jelasnya.
 
Tujuan dari agenda ini untuk memberi pengenalan dan pelatihan kepada mahasiswa baru untuk membuat makalah yang baik dan benar. 
 
“Karena dalam dunia akademisi, makalah merupakan sesuatu hal yang sangat penting dalam pendidikan khususnya saat kuliah. Sehingga Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Rayon Syariah dan Rayon Mahfud At-Tirmasi hadir untuk menggelar agenda pembuatan makalah ini,” tutupnya.

 
Pewarta: Siti Maulida
Editor: Ibnu Nawawi
 
BNI Mobile