IMG-LOGO
Daerah

NU Batang Kemas Tonus Kian Memikat 


Senin 9 September 2019 20:00 WIB
Bagikan:
NU Batang Kemas Tonus Kian Memikat 
Grand opening Toko NUsantara 1 Bawang, Batang, Jawa Tengah, Jumat (6/9).
Batang, NU Online
Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Batang, Jawa Tengah mengemas Toko NUsantara (Tonus) 1 Bawang menjadi lebih memikat. Tampak pada grand opening Tonus 1 Bawang, Sabtu (6/9) diserbu ratusan warga. Toko yang beralamat di Jalan Raya Km 0 Bawang-Limpung ini, dulunya bernama Nusantara Mart.
 
Sempat diresmikan oleh Bupati Batang pada Januari 2018 lalu, Tonus hadir dengan layanan lebih baik karena menggandeng salah satu perusahaan retail berpengalaman. 
 
"Tonus 1 Bawang merupakan toko modern milik PCNU Batang yang pertama. Dulu sempat kita kelola mandiri, namun agar toko lebih berkembang, kita sinergi dengan salah satu brand retail terbaik," ucap Sekretaris PCNU Batang, Abdul Munir.
 
Dia menjelaskan alasan menggandeng pihak lain karena kewalahan dalam hal pengadaan barang, sistem komputerisasi keuangan dan lainnya. Padahal kehadiran Tonus sangat penting karena membidik warga NU yang memiliki pasar potensial,  selama ini hanya dimanfaatkan oleh pihak lain. 
 
"Selain itu, kita gandeng brand retail karena sebagai upaya mencari ilmu dan pengalaman mengelola toko modern sehingga Tonus bisa betul-betul berkembang dan maju," jelasnya. 
 
Dari kerja sama itu, lanjut Munir, sekarang harga-harga produk di Tonus bisa bersaing dengan minimarket lain. Banyak juga program promo yang menarik dan membawa manfaat lebih ke konsumen. 
 
"Manfaat yang perlu diketahui konsumen, karena Tonus ini milik  NU. Jka ke depan bisa berkembang dan besar maka akan banyak membantu program- program NU terkait pemberdayaan dan kemaslahatan umat," tuturnya. 
 
Menurut Munir, proyeksi ke depan setiap pengurus NU tingkat kecamatan atau MWC  didorong untuk membuka Tonus. Tidak menutup kemugkinan setiap kecamatan dibuka lebih dari satu Tonus.
 
Teknisnya, sambung Munir, diserahkan kepada setiap MWCNU apakah akan dijalankan mandiri atau kerja sama. Apa pun itu, PCNU menyatakan siap membantu agar makin memperkuat jaringan komunitas usaha NU. 
 
Sejauh ini, MWCNU yang tertarik untuk mendirikan Tonus adalah Kecamatan Wonotunggal. "Mereka sudah menyiapkan gedungnya," tutur Munir.
 
Menurut Munir, jika akan menjalin kerjasam dengan brand retail seperti Tonus 1 Bawang, nantinya harus melalui beberapa tahapan mulai dari survei lokasi , potensi pasar, dan sebagainya. 
 
"Tantangan dari Tonus adalah solidaritas jamiah sangat menentukan perkembangan Tonus sebagai aset ekonomi NU maupun aset-aset NU lainnya. Jika jamiah kuat maka Tonus bisa berkembang dan sebaliknya," pungkasnya.
 
Kontributor: Iwan Arifianto
Editor: Kendi Setiawan
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG