IMG-LOGO
Daerah

Kiai di Bangkalan Ajak Masyarakat Gabung Pagar Nusa


Selasa 10 September 2019 23:30 WIB
Bagikan:
Kiai di Bangkalan Ajak Masyarakat Gabung Pagar Nusa
Pengesahan anggota baru Pagar Nusa Mandung, Kokop, Bangkalan, Jatim. (Foto: NU Online/Abdul Mannan)
Bangkalan, NU Online
Perkembangan Pencak Silat Pagar Nusa di kawasan Bangkalan, Jawa Timur tepatnya Desa Mandung, Kecamatan Kokop kurang menggembirakan. Hal tersebut dibuktikan dengan tiadanya kegiatan, termasuk penerimaan anggota baru.
 
Namun pada Senin (9/9), keberadan pencak silat di kawasan tersebut diaktifkan kembali. Kegiatan ditandai dengan mengadakan acara Pengesahan Anggota Baru Pagar Nusa. 
 
Acara dihadiri ratusan Nahdliyin atau warga Nahdlatul Ulama setempat. Bahkan tidak sedikit dari mereka juga warga Pagar Nusa dari sejumlah kawasan yang lumayan jauh seperti dari Kecamatan Tanjung Bumi, Arosbaya, Geger, dan Kamal, Bangkalan. 
 
Kegiatan yang dimulai sekitar jam 20:00 WIB hingga jelang dini hari tersebut diisi dengan beberapa rentetan acara. “Mulai dari pembukaan sampai dengan atraksi para warga Pagar Nusa yang alhamdulillah berjalan dengan tertib dan aman,” kata Lora Ismail Fathullah. 
 
Menurut Ketua Pagar Nusa Ranting Mandung tersebut, hingga kini ada sekitar 300 anggota di ranting setempat dengan ketambahan 37 orang anggota baru. 
 
“Kami ingin melestarikan seni bela diri ala pesantren ini. Juga agar Pagar Nusa bisa lebih dikenal masyarakat,” ungkapnya.
 
Lora Ismail turut berharap nahdiyin yang ada di Kecamatan Kokop terlebih masyarakat Mandung yang hobi pencak silat bisa bergabung dengan Pagar Nusa. “Karena Pagar Nusa adalah salah satu Badan Otonom di Nahdlatul Ulama,” terangnya. 
 
Sedangkan KH Agus Ahfas Asmuni berpesan agar semua warga NU terlebih Pagar Nusa untuk selalu siap menjaga agama, ulama dan bangsa. Demikian pula bergaul secara baik dengan masyarakat yang beragam.
 
“Karena sebagai warga NU harus saling menghormati antarsesama tanpa memandang ras, suku dan agama. Mereka adalah sama, sebagai bangsa Indonesia,” terang Ketua Pengurus Cabang (PC) Pagar Nusa NU Bangkalan tersebut. 
 
Rasa bangga disampaikan Ahmad Walid. Menurut tuan rumah kegiatan latihan tersebut bahwa para anggota Pagar Nusa adalah kumpulan orang hebat.
 
“Lantaran mereka memiliki semangat yang luar biasa mengingat selama setahun ini rutin latihan tanpa melihat situasi dan kondisi,” tandas Mat Walid, sapaan akrabnya.
 
 
Pewarta: Abdul Mannan
Editor: Ibnu Nawawi
 
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG