IMG-LOGO
Daerah

Perdalam Bahasa Arab, Inaifas Kirim Mahasiswanya ke Yaman


Kamis 12 September 2019 07:30 WIB
Bagikan:
Perdalam Bahasa Arab, Inaifas Kirim Mahasiswanya ke Yaman
Irfan Hanif (tengah) bersama pimpinan Inaifas. (Foto: NU Online/Humas Inaifas)
Jember, NU Online
Institut Agama Islam Al-Falah As-Sunniyyah atau Inaifas, Kencong, Jember, Jawa Timur terus melakukan terobosan. Yang terbaru, mengirimkan salah seorang mahasiswanya untuk memperdalam bahasa Arab. Tidak tanggung-tanggung, yang bersangkutan dikirim ke Yaman.
 
Mahasiswa beruntung tersebut bernama Irfan Hanif yang kini memasuki semester lima. Dirinya menempuh kurusus singkat atau shortcourse beberapa bulan di Universitas al-Ahqaff.
 
Sebagai mahasiswa program studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Irfan mengaku senang dengan program ini. Dia mengaku apabila keberangkatan ke Yaman ini merupakan salah satu cita-citanya. 
 
"Di sana, nanti saya juga belajar di Tarim, yang terkenal dengan sebutan bumi para wali," katanya, Rabu (11/9).
 
Keberangkatan mahasiswa yang juga santri Pondok Pesantren As-Sunniyyah ke Universitas Al-Ahqaff ini merupakan rangkaian dari kelanjutan penandatanganan nota kesepahaman antara dua kampus beberapa waktu berseleng. 
 
Hal tersebut sebagaimana dikemukakan Rijal Mumazziq Z selaku Rektor Inaifas. Bahkan, kerja sama tidak akan berhenti dengan mengirimkan mahasiswa ke sana, juga mendatangkan dosen.
 
“Kerja sama ini kelak bisa ditingkatkan lagi dengan mendatangkan dosen dari al-Ahqaff untuk mengajar di kampus kami yang berada di Kencong, Jember ini,” katanya.
 
Sedangkan Wakil Rektor III Inaifas, Mohammad Dasuki mengaku bangga ada salah seorang mahasiswa yang bisa memperdalam bahasa Arab di negeri asalnya yakni Yaman. 
 
"Kita berharap kerja sama ini membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia atau SDM kampus Inaifas dan menginspirasi mahasiswa lain untuk mendapatkan peluang yang sama," kata pria yang menangani bidang kemahasiswaan dan kerja sama eksternal ini. 
 
Inaifas memang terus melakukan ikhtiar agar mampu meningkatkan mutu kependidikan. Salah satunya menjalin kerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi dalam dan luar negeri.
 
Bahkan dalam sebuah acara di Universitas Islam Malang (Unisma), Jawa Timur lalu  kampus ini telah melakukan kerja sama dengan lima kampus di luar negeri.
 
Kelima kampus dimaksud adalah Moscow City University Rusia, Rajamangala University of Technology Krungthep, Thailand, National University of Kaohsiung, Taiwan, East Timor Institute of Business, Timor Leste, serta Mindanao State University, Filipina.
 
 
Editor: Ibnu Nawawi
 
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG