IMG-LOGO
Daerah

Semarak Harlah, Sako Ma'arif NU Jatinegara Tegal Gelar Kemah Penggalang


Kamis 12 September 2019 23:45 WIB
Bagikan:
Semarak Harlah, Sako Ma'arif NU Jatinegara Tegal Gelar Kemah Penggalang
Poster Pergama Jatinegara, Tegal.
Tegal, NU Online
Koordinator Satuan Komunitas Pramuka Ma'arif NU Kecamatan Jatinegara Tegal bakal menggelar Perkemahan Penggalang Ma'arif NU (Pergama) ketiga. Pergama diadakan dalam rangka menyambut dan menyemarakkan Hari Lahir Ma'arif NU dan Hari Santri Nasional (HSN)
 
Ketua Panitia Pergama ketiga Koordinator Sako Ma'arif NU Jatinegara, Solihin menjelaskan, Pergama yang digelar tahun ini akan dipusatkan di lapangan sepak bola Desa Gantungan selama tiga hari, yakni 21-23 Oktober 2019.
 
Pergama ketiga akan diikuti oleh Pramuka Penggalang dari madrasah dan sekolah di lingkungan Ma'arif NU dan satuan pendidikan Ma'arif NU se-Kecamatan Jatinegara. "Masing-masing mengirimkan satu regu putra dan satu regu puti," katanya, Kamis (12/9).
 
Pergama bertema Kita Jalin Ukhuwah Sesama Penggalang LP Ma'arif NU Kecamatan Jatinegara, Solihin berharap menjadi sarana berkreasi bagi Penggalang Ma'arif NU. "Agar menjadi generasi harapan bangsa yang ulet, tangguh dan militan dengan didasari imtak dan iptek yang kuat," lanjutnya.
 
Selain itu, lewat Pergama juga diharapkan Pramuka Sako Ma'arif NU mengembangkan nilai-nilai Sesosif yaitu spiritual, emosional, sosial, intelektual, dan fisikal.
 
Solihin menuturkan, Pergama bakal diisi berbagai macam lomba seperti lomba pionering, cerdas cermat ke-NU-an, kaligrafi NU, baris berbaris, pertendaan, dan hadrah.
 
Sejumlah persiapan telah dilakukan untuk menyukseskan Pergama. ​​​​​​Di antaranya konsolidasi dengan pemerintah desa setempat terkait tempat pelaksanaan perkemahan, pemberitahuan dan konfirmasi kepesertaan ke sekolah dan madrasah.
 
"Dari hasil konfirmasi panitia, sekolah atau madrasah yang mengikuti Pergama ketiga ini ada 21 pangkalan dari semua tingkatan SD/MI/SMP dan MTs," kata Solihin.
 
Adapun sekolah-sekolah yang telah mengkonfirmasi, untuk tingkatan SD/MI meliputi SD NU Argatawang, MI Tamamul Huda Cikura Bojong, MI  Bustanul Tholibin Cerih, MI Darussalam Penyalahan, MI Miftahul Huda Padasari, MI Robithoh Islami Gantungan, MI Ulumuddin Dukuhbangsa.
 
Untuk Tingkatan SMP/MTs mencakup SMP Ma'arif NU 01 Lembasari, SMP Ma'arif NU 02 Penyalahan, SMP Ma'arif NU 03 Padasari, SMP Ma'arif NU 04 Gantungan, SMP Al Ikhlas Cerih, MTs NU Sitail, MTs Miftahul Ulum Sumbarang, MTs NU Al Falah Cerih, MTs Ma'arif NU Jatinegara, MTs Kusuma Husada Capar, MTs Mambaul Ulum Kedungwungu.

Dengan banyaknya sekolah yang telah menyatakan keikutsertaaannya, diperkirakan melibatkan 1.300 siswa. Puncak Pergama akan ditutup dalam upacara Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) sekaligus pengumuman pemenang perlombaan.
 
"Semoga acara yang digelar nanti berjalan sukses dan menghasilkan manfaat tentunya bagi anak didik dan dewan pendidik, baik untuk diri sendiri maupun kemajuan lembaga pendidikan," pungkas Solihin.
 
Kontributor: Tahmid Zamzami
Editor: Kendi Setiawan
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Maulid Akbar dan Doa untuk Keselamatan Bangsa
Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
IMG
IMG