IMG-LOGO
Trending Now:
Daerah

Rektor Unsiq Ajak Mahasiswa Baru Tingkatkan Budaya Literasi 


Jumat 13 September 2019 00:30 WIB
Bagikan:
Rektor Unsiq Ajak Mahasiswa Baru Tingkatkan Budaya Literasi 
Rektor Unsiq Wonosobo, KH Muchotob Hamzah dalam Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK 2019).
Wonosobo, NU Online
Rektor Universitas Sains Al-Qur'an (Unsiq) Wonosobo, Jawa Tengah, KH Muchotob Hamzah mengajak dan mengingatkan mahasiswa agar senantiasa menyadari dan meningkatkan budaya literasi.
 
Ajakan tersebut disampaikan Rektor dalam kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK 2019), Kamis (12/9) di Aula Al-'Ala Kampus I Unsiq, Wonosobo.
 
"Kalau kalian ingin menjadi sarjana, setiap hari membaca minimal tiga jam dengan lima judul buku yang berbeda. Sebab, di Indonesia secara umum tingkat literasi nya masih rendah tinimbang Jepang, Korea ataupun Malaysia," kata Rektor yang biasa dipanggil 'Abah' di hadapan 1.743 mahasiswa baru.
 
Menurutnya, terkadang minat baca mahasiswa hanya istiqomah di awal masuk perkuliahan. Istiqomah bagi umat islam sangatlah penting agar menjadikan diri semakin unggul. 

"Semakin tinggi ilmu kita semakin luas jaringan kita sebab tanpa jaringan akan sulit untuk meraih kesuksesan," katanya.
 
Rektor juga menyampaikan bahwa tahun ini ada metamorfosa dari kegiatan untuk mahasiswa baru, yang dulunya dinamakan Ospek menjadi PBAK. Diharapkan mahasiswa benar-benar memahami budaya akademik. Kegiatan PBAK penyelenggaraannya sesuai anjuran Dikti. Selain itu, PBAK kali ini digelar dengan lebih qur'ani dan lebih menjaga syariat. Hal itu juga sesuai dengan visi Unsiq yaitu Humanis, Transormatif dan Qur'ani.
 
"Humanis yang ada visi Unsiq harus dimaknai dengan mewujudkan Islam yang menjadi rahmah, kasih, dan sayang. Unsiq punya budaya sendiri, harus terus dikembangkan, terlebih kampus Qur'ani yang mengimpelemtaiskan budaya kepesantrenan," katanya.
 
Salah satunya adalah budaya pembacaan Asmaul Husna dan khotmil Qur'an yang, "membuat hati saya dan para pimpinan terenyuh," ungkapnya dalam kegiatan bertema Sinergitas Intelektual dan Spiritual dalam Nilai Filosofi Aswaja Annahdliyah.

Hadir dalam kegiatan tersebut beberapa petinggi Unsiq, Wakil Rektor I Zaenal Sukawi, Wakil Rektor II Mahfuzh, Wakil Rektor III Samsul Munir, Kabiro kemahasiswaan Muto'am, Dekan Fakultas se-Unsiq, civitas akademika Unsiq, dan Ketua Pelaksana Adin Alfath.
 
Kontributor: Sofiyanto
Editor: Kendi Setiawan
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG