Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Obituari Video Nikah/Keluarga Tokoh Hikmah Arsip

Organisasi Kemahasiswaan Titik Sentral Membangun Idealisme

Organisasi Kemahasiswaan Titik Sentral Membangun Idealisme
Rapat Kerja atau Raker dan up grading Ormawa se-UIN Sultan Syarif Kasim Riau. (Foto: NU Online/Imam Kusnin Ahmad)
Rapat Kerja atau Raker dan up grading Ormawa se-UIN Sultan Syarif Kasim Riau. (Foto: NU Online/Imam Kusnin Ahmad)
Pekanbaru, NU Online
Keberadaan Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) menjadi titik sentral untuk membangun impian dan harapan mahasiswa sekaligus tempat penyemaian bibit-bibit idealisme. 
 
Penegasan tersebut disampaikan Ruchman Basori selaku Kasubdit Sarana Prasarana da Kemahasiswaan Direktorat Pendidikan Tinggi Keagmaan Islam, Ditjen Pendidikan Islam Kemenag RI, Jumat (13/9).
 
“Salah satu problem laten gerakan mahasiswa adalah munculnya pragmatisme dan hedonisme dikalangan mahasiswa, sehingga semangat dan jiwa perjuangan menjadi mengendor,” kata aktivis mahasiswa tahun ’98 ini.
 
Ruchman didaulat memberikan pembekalan pada Rapat Kerja atau Raker dan up grading Ormawa se-UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Dirinya berharap aktivis Ormawa harus percaya diri dan berusaha terus meningkatkan kapasitas diri sebagai seorang pemimpin. 
 
“Tantangan kepemimpinan mahasiswa saat ini sangat komplek dari mulai maraknya radikalisme, gerakan trans nasional, mutu dan daya saing hingga mengendornya semangat kebangsaan,” ungkapnya.
 
Dalam pandangannya, Ormawa sangat strategis sebagai laboratoriu manajemen dan kepemimpinan sekaligus wahana berlatih membina diri dan berkhidmah untuk masyarakat.
 
Mengakhiri sesinya, kandidat doktor manajemen Universitas Negeri Semarang menyanjung UIN Riau sebagai salah satu UIN yang akan berpotensi sebagai perguruan tinggi papan atas di tanah air. 
 
“Melihat geliat dan kiprah yang ada didukung dengan sumber daya manusia yang memadahi serta dukungan pemerintah daerah UIN Riau akan mampu bersaing dengan kampus lainnya di tanah air dan mahasiswa menjadi salah satu kontributornya,” tandasnya.
 
Di hadapan Ketua Dema, Sema, UKM dan UKK di lingkungan UIN Riau, Ruchman berharap agar aktivis intra kampus menyusun program dan kegiatan yang mendukung visi misi dan pengembangan UIN Riau. 
 
“Susunlah program kerja Ormawa berdasarkan daftar keinginan, daftar kebutuhan, dan dikerucutkan menjadi daftar kemampuan sehingga mampu merangkum idealisme dan menjawab kebutuhan riil mahasiswa UIN Riau,”  pungkasnya.
 
Promadi sebagai Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama mengatakan Raker dan Up Grading diikuti oleh Ketua, Sekretaris dan Bendahara perwakilan SEMA dan DEMA Universitas dan Fakultas, UKM, dan UKK untuk membekali mereka ketrampilan dan manajemen kepemimpinan, planning dan programing dan bagaimana mengggali dana organisasi sebagai pengurus baru.
 
Promadi berterima kasih atas kepercayaan dan dukungan Kementerian Agama RI dalam memberikan fasilitasi dan pendampingan dalam pengemangan kemahasiswaan kepada UIN Suska Riau.
 
Kegiatan dilaksanakan 11 hingga 13 September. Hadir dan ikut memberikan pembekalan Mujahidin, selaku Rektor UIN Riau, Kapolda dan Dandim Riau, Eramli JAB Kepala Biro AAK, dan Muhammad Nasir Kabag Kemahasiswaan. 
 
Turut hadir Para Wakil Dekan III dilingkungan UIN Riau, Para Kasubbag dan sejumlah pejabat lainnya. 
 
 
Pewarta: Imam Kusnin Ahmad
Editor: Ibnu Nawawi
 

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya