IMG-LOGO
Daerah

Kabupaten Blitar Kembali Gelar School Religious Culture Award


Ahad 15 September 2019 07:30 WIB
Bagikan:
Kabupaten Blitar Kembali Gelar School Religious Culture Award
MA Ma'rif NU Udanawu, Blitar. (Foto: maalmablitar.sch.id)
Blitar, NU Online
Seksi Pendidikan Agama Islam (Pais) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Blitar mengadakan sosialisasi SRC (School Religious Culture) Award 2019. Kegiatan melibatkan Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar, serta Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur wilayah Kota Kabupatan  Blitar.
 
“SRC Award diberikan kepada sekolah TK, SD, SMP dan SMK se-Kabupaten Blitar yang berkomitmen mewujudkan budaya beragama di sekolah. Sehingga  berdampak pada pembentukan karakter mulia (karimah) pada warga sekolah,” kata Baharuddin, Sabtu (14/9).
 
Menurut Kepala Seksi Pais Kantor Kementerian Agama Kabupaten Blitar tersebut, ada tiga kategori penghargaan SRC ini. Yaitu kategori utama, madya dan muda.
 
“Penghargaan SRC ini sudah kedua kalinya. Merupakan inovasi untuk mendorong satuan pendidikan mulai jenjang TK, SD, SMP dan SMA maupun SMK untuk menciptakan lingkungan sekolah yang agamis,” ungkapnya.
 
Pada saat yang sama juga menguatkan pembiasaan sikap dan perilaku akhlakul karimah. “Sehingga terbentuk karakter peserta didik sebagaimana diharapkan tujuan pendidikan nasional,” terangnya. Dengan SRC Award, diharapkan dapat menguatkan moderasi beragama di sekolah, dan menjadikan sumber daya manusia unggul dan Indonesia maju, lanjutnya.

 
Menurut  Bahrudin, SRC ini inovasi Pais Kemenag Kabupaten Blitar karena di dan kota lain belum  ada. 
 
"Tahun 2019 ini Kanwil Kemenag Jatim mengadopsi SRC tingkat Jatim khusus jenjang SMA SMK. Harapannya ke depan, bisa menjadi event bergensi sekolah tingkat nasional oleh Kemenag RI,” terangnya.
 
Dirinya berharap ajang seperti ini dapat diangkat ke tingkat nasional. “Seperti penghargaan adiwiyata dari Kementerian Lingkungan Hidup, ataau UKS Kementrian Kesehatan,”  kata Bahruddin yang menjabat Wakil Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Blitar tersebut.
 
Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar, Yetty yang hadir mewakili Kepala Dinas, sangat mengapresiasi adanya SRC Award ini. 
 
"Penghargaan SRC ini sangat mendukung penguatan pendidikan karakter atau PPK di sekolah dengan basis nilai-nilai agama," tandasnya.      
 
 
Pewarta: Imam Kusnin Ahmad
Editor: Ibnu Nawawi
 
Tags:
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Maulid Akbar dan Doa untuk Keselamatan Bangsa
Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
IMG
IMG