Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Diklatsar Ansor Banser untuk Penguatan Kader

Diklatsar Ansor Banser untuk Penguatan Kader
Diklatsar Ansor Banser Sukoharjo, Jawa Tengah
Diklatsar Ansor Banser Sukoharjo, Jawa Tengah
Sukoharjo, NU Online
Sebanyak 123 calon kader ansor banser mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) dan Pendidikan Latihan Dasar (Diklatsar) Banser selama 3 hari di Lapangan Gunung Kunci Kartasura, Sukoharjo, Jateng. 
 
Wakil Ketua Bidang Kaderisasi Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Sukoharjo, Zen Fathoni Achmad mengatakan, tujuan acara tersebut untuk meningkatkan kapasitas kader anggota Ansor dan Banser terutama di tingkat Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Sukoharjo.
 
"PKD dan Diklatsar ini merupakan kegiatan dalam rangka menciptakan kader yang unggul dan berkualitas, selain itu juga mempersiapkan kader Ansor Banser agar mau dan mampu berperan serta dalam mengemban tugas mulia," terangnya Sabtu (14/9) siang. 
 
Fathoni menjelaskan, pelatihan selama tiga tersebut para perserta mendapatkan berbagai materi seperti kedisiplinan, entrepreneur, dan keorganisasian. Sehingga diharapkan setelah selesai dari PKD terciptanya kader yang militan mempunyai karakter mandiri dan harus lebih tangguh dalam mengawal NKRI.
 
"Peningkatan kapasitas terutama bagi calon anggota penting dilakukan, di samping memenuhi aturan organisasi, Diklatsar juga bertujuan untuk mengajar calon-calon penerus generasi Nahdlatul Ulama lebih peka terhadap lingkungan dan perkembangan zaman," tandasnya.
 
Kepada NU Online, Ketua PC GP Ansor Sukoharjo Sahid Mubarak menjelaskan, dalam kegiatan ini para peserta tidak memikirkan diri sendiri tetapi dilatih mempunyai jiwa korsa yang sangat luar biasa, sebab sebagai kader Ansor Banser mempunyai tanggung jawab dan kewajiban menyebarkan ajaran Ahlussunnah waljamaah ala Nahdlatul Ulama.
 
"Tantangan NU semakin beragam, sebagai kader NU Ansor Banser harus siap menjadi generasi penerus dengan tetap setia pada garis kebijakan organisasi, terutama kewajiban menyebarkan ajaran aswaja an-nahdliyah," tegasnya.
 
Sahid berharap,  ke depan setelah acara PKD dan Diklasar Banser para kader dalam berjuang menyebarkan agama Allah harus meniru para ulama NU. Di mana ikhlas menjadi poin utama dalam berjuang dan istiqamah dalam kebaikan serta tawaduk. 
 
"Ke depan Ansor dan Banser semakin baik, semakin maju dan militan, mendidik dengan ketaatan kepada para pimpinan, para ulama, dan para kiai NU. Ansor dan Banser adalah kader NU yang akan meneruskan perjuangan para ulama. Maka sudah seharusnya meniru sifat dari para pendahulu kiai kita," terangnya. 
 
Kontributor: Masri Zaini
Editor: Abdul Muiz
BNI Mobile