IMG-LOGO
Daerah

Penggunaan Dana Masjid Harus Mengacu Kitab Fiqih


Ahad 15 September 2019 20:00 WIB
Bagikan:
Penggunaan Dana Masjid Harus Mengacu Kitab Fiqih
Diklat manajeman masjid dengan tema Masjidku Taman Surgaku di Unisma, Malang, Jatim. (Foto: NU Online/R Ahmad Nur Kholis)
Malang, NU Online
Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur menegaskan dan mengimbau agar penggunaan dana masjid haruslah benar-benar mengikuti aturan dalam fiqih. 
 
Penegasan disampaikan KH Romadhon Khotib kepada 500 peserta Diklat Manajemen Masjid yang. Kegiatan diselenggarakan Pengurus Cabang (PC) Lembaga Takmir Masjid Nahdlatul Ulama (LTMNU) bekerja sama dengan Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Nahdlatul Ulama (Lakpesdam NU) Kabupaten Malang, Sabtu (14/9).
 
Wakil Rais PWNU Jatim ini mengimbau agar para takmir benar-benar memperhatikan kaidah fiqih dalam kitab klasik. “Dan berkaitan untuk memudahkan takmir, PWNU Jawa Timur menerbitkan buku Fiqih Masjid,” katanya. 
 
“Penggunaan uang masjid bisa mengacu pada buku fiqih masjid yang telah kami susun berdasarkan rujukan kitab-kitab klasik 4 Madzhab,” katanya.
 
Diklat ini dilaksanakan di gedung bundar Asy’ariyah Unisma dengan pemateri tokoh dari kalangan Nahdlatul Ulama Kabupaten Malang. Ada KH Sudirman dari PC Lakpesdam NU Kabupaten Malang. 
 
Selain itu, hadir pula dan memberikan materi seperti Katib NU Kabupaten Malang KH Imam Sibaweh, Ustadz Bahaudin dari BNI 46 Syariah dan Pujiono mewakili PC Lembaga Takmir Masjid Nahdlatul Ulama (LTMNU) Kabupaten Malang.
 
Adapun Ustadz Pujiono menjelaskan tentang 3 (tiga) dimensi manajemen masjid yang harus diketahui, dipahami dan dilaksanakan para takmir. Di mana tiga dimensi itu adalah imarah, riayah dan idarah. 
 
Ketiganya menurut Ustadz yang juga alumni pascasarjan UIN Sunan Ampel Surabaya ini adalah tugas dan pengabdian para takmir masjid untuk mengembangkannya.
 
“Jika ketiga hal itu dilakukan insyaallah masjid di Kabupaten Malang ini akan maju dan mungkin bisa menjadi percontohan daerah lain,” katanya.
 
Pada kegiatan yang bertemakan Masjidku Taman Surgaku ini diharapkan para takmir memiliki pemahaman dan wawasan yang lebih luas mengenai manajemen masjid. Hal ini dinilai dapat menigkatkan kualitas masjid di Kabupaten Malang menjadi semakin baik. Di samping kuantitas masjid yang terus bertambah.
 
 
Kontributor: R Ahmad Nur Kholis
Editor: Ibnu Nawawi
 
Tags:
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG