Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Pemilihan Pengurus OSIS, Latih Siswa SMP Al Madinah Jombang Demokrasi

Pemilihan Pengurus OSIS, Latih Siswa SMP Al Madinah Jombang Demokrasi
Pemilihan pengurus OSIS di SMP Al Madinah Jombang, latih siswa demokrasi. (Foto: NU Online/Suci Aristanti)
Pemilihan pengurus OSIS di SMP Al Madinah Jombang, latih siswa demokrasi. (Foto: NU Online/Suci Aristanti)
Jombang, NU Online
Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Al Madinah Jombang, Jawa Timur merupakan sekolah di bawah Yayasan Pendidikan dan Sosial Nahdlatul Ulama di Desa Tambakrejo, Kecamatan Jombang. SMP Islam Al Madinah mengajarkan cara berdemokrasi pada acara pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), Sabtu (14/9) siang.

"Kegiatan pemilihan OSIS ini merupakan agenda perdana di SMP Islam Al Madinah. Pemilihan OSIS memberikan pembelajaran bagaimana cara berdemokrasi sebagai makhluk sosial yang bersandingan dengan masyarakat," ungkap Abdul Mukhid, Kepala SMP Islam Al Madinah.

Abdul Mukhid menambahkan bahwa belajar berorganisasi sejak dini itu perlu. Salah satunya dengan menjadikan OSIS sebagai wadah belajar bersosialisasi dan menghargai sesama. "Menjadi orang hebat, perlu ditempa banyak pengalaman," katanya.

Dalam pelaksanaan kegiatan, dibuat sama persis dengan Pemilihan Umum yang ada di masyarakat. Mulai dari daftar pemilih yang hadir sampai pada celup tinta sebagai tanda sudah memilih pasangan calon OSIS.

Kegiatan diawali dengan orasi visi-misi para pasangan calon. Hal ini melatih keberanian siswa untuk mengeluarkan pendapat serta menumbuhkan mental percaya diri siswa. Secara bergantian, para kandidat calon OSIS mengungkapkan gagasan terbaik untuk mendukung kegiatan-kegiatan di sekolah.

"Belajar menjadi seorang pemimpin, sejalan dengan hadits yang berbunyi, "Kullukum ra’in wakullukum mas’ulun an raiyyatihi: Setiap kalian adalah pemimpin dan setiap pemimpin akan dimintai pertanggung jawaban atas apa yang dipimpinya," kata Abdul Mukhid.

Menurutnya, jiwa kepemimpinan perlu ditumbuhkan sejak berada di bangku sekolah. Sebab, siswa merupakan aset masa depan yang perlu dibentuk menjadi calon pemimpin bangsa. Dalam berorganisasi, siswa akan dilatih bagaimana bertanggung jawab, disiplin dan melatih percaya diri untuk menyampaikan pendapat.

Reni Fernita Aprilia, Waka Kesiswaan SMP Islam Al Madinah berharap agar siswa-siswi yang telah terpilih menjadi pengurus OSIS bisa amanah dalam menjalankan tugas. Semoga dengan terselenggaranya pemilihan pengurus OSIS baru, sekolah semakin berkembang dan berkualitas.
 
Kontributor: Suci Aristanti
Editor: Kendi Setiawan
BNI Mobile