IMG-LOGO
Nasional

Lokakarya Pesantren Sehat LK PBNU di Indramayu


Senin 16 September 2019 21:45 WIB
Bagikan:
Lokakarya Pesantren Sehat LK PBNU di Indramayu
Lokakarya pesantren sehat LK PBNU di Indramayu, Jawa Barat (Foto: NU Online/Fanshury Abdillah)
Indramayu, NU Online 
Setelah sukses dengan kegiatan Lokakarya Pesantren Sehat di Cirebon. Lembaga Kesehatan (LK) PBNU bersama Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI kembali menggelar kegiatan Lokakarya Pesantren Sehat dengan melibatkan pesantren di wilayah Indramayu, Jawa Barat.
 
Kegiatan ini berlangsung pada 13-15 September 2019 diikuti pimpinan dan santri dari empat pesantren. Keempat pesantren tersebut adalah Cadang Pinggan Sukagumiwang, As-Syarifiyah Patrol, Hidayatut Thalibin Pasekan, Miftahul Huda Juntinyuat, dan Raudlatul Muta’allimin Singaraja. Selain itu turut hadir pula Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu, Puskesmas Penanggungjawab, dan pemerintah desa masing-masing pesantren. 
 
Kegiatan lokakarya bertujuan untuk melatih dan mendorong terlaksananya program pesantren sehat.  Setelah mendapat materi tentang langkah dan tahapan pembentukan pesantren sehat, peserta melakukan kunjungan lapangan yakni ke Pesantren Cadang Pinggan, Sukagumiwang Indramayu. Para peserta melakukan Survei Mawas Diri (SMD) dan observasi lingkungan untuk mengidentifikasi masalah kesehatan pesantren yang dipimpin oleh KH Abdul Syakur Yasin.
 
Irmawati Pasaribu, selaku Kasie Sarana dan Prasarana Promosi Kesehatan, Kemekes RI dan juga pemateri utama kegiatan ini menyampaikan dalam paparannya bahwa pelaksanaan pesantren sehat mesti mendapat dukungan dari berbagai pihak.
 
"Tidak terbatas pada pimpinan pesantren, santri dan puskesmas setempat, tapi juga pihak-pihak lain yang terkait seperti pemerintah desa, departemen agama, NGO, swasta dan mitra potensial lainnya," katanya.
 
Irma mendukung pesantren untuk bisa bekerjasama dengan pihak lain diluar pesantren dalam mensukseskan dan mewujudkan pesantren sehat di daerah masing-masing.
 
Karnali, kuwu Desa Patrol menanggapi bahwa sudah menjadi tugas pemerintah desa untuk melakukan pemberdayaan masyarakat yang ada di wilayahnya, termasuk pesantren. Dengan peraturan sekarang yang ada, desa memiliki kewenangan untuk mengelola dana yang diberikan oleh pemerintah dan mengembangkan potensi masyarakat yang ada di daerahnya sesuai nomenklatur yang ada.

Kegiatan lokakarya pesantren sehat yang dilaksanakan di Indramayu merupakan bagian dari rangkaian roadshow lokakarya program pesantren sehat di beberapa daerah di Jawa Barat dan Jawa Timur yang diselenggrakan oleh LK-PBNU dan Kemenkes RI. Kegiatan ditutup dengan penandatanganan komitmen bersama oleh seluruh peserta untuk mewujudkan dan mensukseskan program Pesantren Sehat.
 
Kontributor: Fanshury Abdillah
Editor: Kendi Setiawan 
 
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG