Djarum Super

MINU di Sidoarjo Tanamkan Karakter dengan Lomba Pojok Literasi

MINU di Sidoarjo Tanamkan Karakter dengan Lomba Pojok Literasi
Pemberian hadiah lomba kelas dan pojok literasi di MINU KH Mukmin, Sidoarjo, Jatim. (Foto: NU Online/Moh Kholidun).
Pemberian hadiah lomba kelas dan pojok literasi di MINU KH Mukmin, Sidoarjo, Jatim. (Foto: NU Online/Moh Kholidun).
Sidoarjo, NU Online
Upaya menanamkan pendidikan karakter kepada siswa dilakukan oleh Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama (MINU) KH Mukmin, Sidoarjo, Jawa Timur. Salah satunya dengan mengadakan lomba kelas dan pojok literasi.
 
Kepala MINU KH Mukmin, Nurul Hamamah mengatakan, lomba kelas sebetulnya dilaksanakan setiap bulan dengan kriteria ketertiban atau kerapian serta kebersihan kelas. 
 
“Karena saat ini bertepatan dengan momen Muharram, pihak sekolah menambah jenis lomba yaitu lomba pojok literasi,” katanya, Selasa (17/9) .
 
Menurutnya, tujuan utama dalam kegiatan ini adalah menanamkan pendidikan karakter. 
 
“Contohnya pada lomba kelas ini adalah mendidik siswa bertanggungjawab, saling bekerja sama dalam hal kebaikan, menanamkan cinta bersih, indah dan rapi yang merupakan salah satu pengimplementasian dari penyempurnaan iman,” terangnya.
 
Dalam pandangannya, lomba kelas disamping memberikan tanggung jawab kepada siswa atas kelas yang ditempati.
 
“Baik kebersihan maupun ketertibannya, juga kerja sama dengan wali murid dalam pengelolaan pojok baca," urai Nurul Hamamah.
 
Kegiatan lomba kelas saat itu, sambung Hamamah, juga bertepatan dengan MINU KH Mukmin masuk 7 besar lomba perpustakaan sekolah tingkat SD/MI di Sidoarjo. 
 
“Ya, setelah ada visitasi akhirnya mendapatakan juara dua lomba perpustakaan tingkat kabupaten,” bangganya.
 
Dijelaskannya, tujuan lomba supaya sumber belajar tidak hanya berputat di dalam kelas, tetapi ada pojok baca yang bermanfaat untuk anak-anak. 
 
“Meski mereka bermain di kelas, tapi di sekitarnya ada buku yang bisa dibaca tanpa harus ke perpustakaan," ujarnya.
 
Lebih lanjut Hamamah menjelaskan, lomba kelas disamping memberikan tanggung jawab kepada siswa atas kelas yang ditempati agar menjaga kebersihan, maupun ketertibannya, juga kerja sama dengan wali murid dalam pengelolaan pojok baca.
 
"Yang dinilai mulai kelas I hingga VI. Biasanya dilakukan di tiap dua bulan sekali dan secara rutin ada piala bergulir. Setiap juara mendapatkan piala dengan dua kategori,” ungkapnya.
 
Kategori bersih dan rapi juara 1 kelas I Ibnu Mas’ud, juara 2 kelas VI Abu Bakar, juara 3 kelas II Al-Faraby.
 
Untuk kategori pojok literasi juara 1 adalah kelas IIi Ibnu Khaldun, juara 2 kelas III Ibnu Sina dan juara 3 kelas V Khadijah. 
 
 
Pewarta: Moh Kholidun
Editor: Ibnu Nawawi
 
BNI Mobile