IMG-LOGO
Daerah

Kader IPNU Wakili Indonesia di Ajang Sains Teknologi Internasional di Abu Dhabi


Rabu 18 September 2019 18:00 WIB
Bagikan:
Kader IPNU Wakili Indonesia di Ajang Sains Teknologi Internasional di Abu Dhabi
Muchamad Ravi Ramadhani, kader IPNU mewakili Indonesia di Expo Sciences International (ESI) di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. (Foto: NU Online/M Syakir NF)
Jakarta, NU Online
Muchamad Ravi Ramadhani, kader Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), bakal mewakili Indonesia di ajang Expo Sciences International (ESI) di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab pada 21-29 September 2019 mendatang.
 
Ravi membuat sebuah alat penambah daya baterai ponsel dengan mengandalkan gerak tubuh manusia. Sebab, sebagaimana ia pelajari, energi tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan, tetapi bisa diubah dalam bentuk lain.
 
Gerakan tubuh manusia itu diubah menjadi aliran listrik yang disalurkan melalui kabel guna mengisi daya baterai ponsel. Dengan hanya digoyang-goyangkan, alat sepanjang 30 centimeter itu sudah dapat mengalirkan listrik ke ponsel.
Ia tak puas dengan hasil temuannya itu. Penelitiannya dilanjutkan hingga alat yang kini ia pegang itu sudah bisa menyimpan daya seperti power bank.
 
"Kita bisa masukkan alat ini ke saku celana. Setiap kita melangkah, tentu alat tersebut akan bergerak dan itu akan mengisi dan menyimpan dayanya," katanya saat berkunjung ke Kantor Redaksi NU Online di Gedung Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Jalan Kramat Raya 164, Jakarta, Selasa (17/4).
 
Alat itulah yang akan ia bawa ke ajang internasional di Tanah Arab sana sebagai sebuah penemuan energi terbarukan dengan tanpa menghabiskan sumber daya alam.
 
Ravi mengaku bahwa penemuannya itu terinspirasi saat dan dari gerak shalat. Ketika ia rukuk pada shalat Asar, ia teringat dengan teori energi. Hal itulah yang membuat alat tersebut tercipta.
 
Sebelumnya, ia telah berhasil menjadi terbaik pertama pada ajang Lomba Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (Krenova) di kota kelahirannya, Wonosobo, Jawa Tengah. Pria yang baru menyelesaikan studinya di tingkat menengah atas itu juga meraih juara 1 di tingkat nasional pada lomba National Young Inventors Award 2019 yang digelar oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).
 
Pewarta: Syakir NF
Editor: Kendi Setiawan
Tags:
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Maulid Akbar dan Doa untuk Keselamatan Bangsa
Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
IMG
IMG