IMG-LOGO
Trending Now:
Nasional

LAZISNU Galang Sejuta Masker untuk Warga Terdampak Karhutla

Rabu 18 September 2019 19:00 WIB
LAZISNU Galang Sejuta Masker untuk Warga Terdampak Karhutla
NU Care-LAZISNU ajak masyarakat bantu warga terdampak karhutla dengan sediakan masker (Foto: NU Care-LAZISNU)
Jakarta, NU Online
Berdasar data SiPongi (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan), kebakaran hutan dan lahan (karhutla), sepanjang Januari-15 September 2019 telah terjadi kebakaran seluas 328 ribu hektar di seluruh Indonesia. Kebakaran ini membuat enam provinsi di antaranya Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan berstatus Darurat Bencana Asap.

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) melalui konferensi pers menyatakan sikap terkait Karhutla. "Kewajiban untuk memelihara alam serta lingkungan bukan hanya kewajiban sebagai warga negara, akan tetap hal ini merupakan bagian dari seruan agama," ungkap Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj di Gedung PBNU, sebagaimana diberitakan NU Online, Senin (16/9).
 
Ketum PBNU menyatakan bahwa Nahdlatul Ulama telah menurukan tim relawan NU Peduli yang secara sistematis membantu menanggulangi kebakaran hutan, terutama dalam kerja-kerja kemanusiaan, termasuk dalam melakukan upaya pemadaman dan pembagian masker.
 
"Selanjutnya, PBNU melalui NU Peduli akan mendirikan pelayanan kesehatan termasuk safe house di beberapa titik di daerah terdampak karhutla," kata Kiai Said.

Atas kondisi tersebut, Ketua NU Care-LAZISNU, Achmad Sudrajat, mengajak seluruh masyarakat Indonesia dan dunia melalui Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU), untuk turut membantu saudara-saudara terdampak karhutla.

"Kualitas udara yang terus memburuk ini tentunya dapat membahayakan setiap warga, terutama Lansia, ibu hamil, dan balita. Untuk itu, NU Care-LAZISNU mengajak seluruh warga Indonesia dan dunia lewat PCINU, untuk ikut membantu saudara-saudara kita dalam 'Gerakan Sejuta Masker' untuk Indonesia Darurat Asap," ajak Sudrajat, di kantor NU Care-LAZISNU, di Gedung PBNU Jakarta Pusat, Selasa (17/09).
 
Dirinya menambahkan, bantuan bisa disalurkan melalui rekening BCA di nomor 0680.1926.77 atas nama Yayasan Lembaga Amil Zakat Infaq NU atau melalui kitabisa.com/nupeduliasap.
 
"Saat ini Tim NU Peduli, yaitu Banser NU dan LAZISNU Muaro Jambi misalnya, sudah turun membantu pemadaman api, membuka posko kesehatan dan membagikan masker ke sekolah-sekolah. Selanjutnya, mari terus dukung Gerakan Sejuta Masker untuk Indonesia Darurat Asap!" pungkasnya.
 
Kontributor: Wahyu Noerhadi
Editor: Kendi Setiawan
 
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG