IMG-LOGO
Jelang Muktamar Ke-34 NU

Kelola Limbah Plastik, Pengusaha Nahdliyin dan BUMN Jalin Kerja Sama


Jumat 20 September 2019 13:45 WIB
Bagikan:
Kelola Limbah Plastik, Pengusaha Nahdliyin dan BUMN Jalin Kerja Sama
Direktur Utama PT Nasional Hijau Lestari, Setyo Sarjono saat menandatangani nota kesepahamab dengan PT Nusantara Utama Hijau Lestari (NUHL) salah satu perusahaan yang dikelola HPN. Kegiatan dilaksanakan di Pesantren Al-Muhajirin 2 di Cisereuh Kabupaten Purwakarta, Jumat (20/9) Foto: Rahman/NU Online
Purwakarta, NU Online
Salah satu Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di  bidang pengelolaan limbah, PT Nasional Hijau Lestari (NHL) menjalin kerja sama dengan PT Nusantara Utama Hijau Lestari (NUHL) salah satu perusahaan yang dikelola oleh Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN).

Kerja sama dilakukan untuk menekan pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh limbah terutama sampah plastik. Kedua perusahaan itu sepakat akan mengelola limbah agar bernilai dan bermanfaat untuk masyarakat Indonesia. 

Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan setelah kegiatan Seminar Nasional pada Rangkaian Pleno Pengurus Besar Nahdlatul  Ulama (PBNU) 2019 di Pesantren Al-Muhajirin 2 di Cisereuh, Kabupaten Purwakarta, Jum’at (20/9) pagi.

Direktur Utama PT Nasional Hijau Lestari, Setyo Sarjono mengatakan kerja sama dilakukan dalam rangka optimalisasi pengelolaan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3). Ia berharap kerja sama yang dilakukan PT NHL dengan keluarga besar Nahdlatul Ulama dapat meningkatkan kepedulian masyarakat dalam mengelola limbah bahan B3.

“Terutama warga NU, dan kita semua harus peduli pada pengelolaan limbah, karena limbah ini sesuatu yang harus kita kelola karena bisa menimbulkan sumber penyakit yang bersumber kepada kita semua,” kata Setyo Sarjono saat ditemui NU Online seusai menjadi narasumber seminar nasional yang dihadiri oleh ratusan pengurus NU dari sabang sampai Merauke.

Ia menuturkan, sistem kerja sama itu mencakup pengelolaan secara bersama-sama baik dengan pesantren NU maupun dengan perusahaan yang dinaungi oleh HPN NU di Jawa Barat. PT NHL menginginkan masyarakat mulai memininalisasi penggunaan limbah B3 seperti plastik sebab susah dikelola.

“Plastik akan muncul terus, ini tentunya akan tidak baik, karena konsep pengelolaan limbah plastik tidak seperti limbah lain,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua PW HPN Jawa Barat H Asep Saripudin menjelaskan kerja sama dibuat dalam rangka melaksanakan penyelamatan pencemaran terhadap limbah kimia, limbah pabrik, dan sebagainya.

“Kerja samanya nanti sama-sama mengolah limbah biar terurai dari mulai besi tua limbah kimia dan lain-lain,” katanya.

Untuk memuluskan cita-citanya tersebut, pihaknya akan memberdayakan pesantren NU di Indonesia untuk menggelar berbagai pelatihan terkait bagaimana caranya penyelamatan lingkungan.

Pewarta: Abdul Rahman Ahdori
Editor: Alhafiz Kurniawan
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG