IMG-LOGO
Internasional

Mantan Presiden Tunisia Ben Ali Meninggal di Usia 83 Tahun


Jumat 20 September 2019 16:15 WIB
Bagikan:
Mantan Presiden Tunisia Ben Ali Meninggal di Usia 83 Tahun
Ben Ali (Sumber: AFP/Fethi Belaid)
Tunis, NU Online
Mantan Presiden Tunisia Zine El Abidine Ben Ali meninggal di Arab Saudi pada Kamis (19/9) waktu setempat saat usianya 83 tahun. Pengumuman meninggalnya presiden yang digulingkan dalam gerakan Arab Spring  tersebut disampaikan Kementerian Luar Negeri Tunisia.
 
"Kami sudah mengkonfirmasi kematiannya 30 menit yang lalu," kata pihak kementerian, tanpa memberikan informasi lebih lanjut, dikutip AFP, Kamis (19/9).
 
Pengacara Ben Ali, Mounir Ben Saha, mengonfirmasi berita kematian klennya tersebut. Ia mengaku mendapatkan kabar tersebut dari keterangan dokter dan anggota keluargan Ben Ali. 
 
Ben Ali memimpin Tunisia selama 24 tahun, sejak 1987 hingga 2011. Di satu sisi, ia dinilai sejumlah pihak sebagai sosok yang keras melawan ekstremisme Islam. Namun di sisi lain, dia dikritik tajam karena dianggap membungkam para oposisi dan enggan menerapkan demokrasi Tunisia.
 
Ditambah pada masa-masa akhir pemerintahannya yang kacau, karena tingginya angka pengangguran dan kenaikan harga, membuat warga Tunisia frustrasi. Hingga akhirnya terjadi sebuah insiden dimana seorang pedagang muda melakukan aksi bakar diri pada akhir 2010. Kejadian itu menyulut gelombang protes besar dan mematikan yang mengguncang Tunisia.

Ben Ali kemudian melarikan diri ke Arab Saudi pada 14 Januari 2011 setelah mendapatkan aksi protes yang begitu besar. Apa yang terjadi di Tunisia menjalar ke sejumlah negara di Timur Tengah atau dikenal Arab Spring. Pergerakan tersebut juga menyebabkan Presiden Libya Moammar Ghadafi dan Presiden Mesir Husni Mubarak lengser setelah berpuluh-puluh tahun berkuasa.
 
Pada pertengahan 2012, Ben Ali dihukum penjara seumur hidup in absentia karena keterlibatan atau perannya dalam kematian para pengunjuk rasa di Tunisia yang mendesaknya untuk mundur.
 
Ben Ali memiliki enam orang anak; tiga orang anak dari pernikahan pertama dan tiga sisanya merupakan anak hasil pernikahannya dengan Leila Trabelsi.
 
Pewarta: Muchlishon
Editor: Kendi Setiawan
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG