IMG-LOGO
Nasional

Sambut HUT ke-74 TNI, Panglima TNI Ziarah ke Makam Gus Dur


Jumat 20 September 2019 21:00 WIB
Bagikan:
Sambut HUT ke-74 TNI, Panglima TNI Ziarah ke Makam Gus Dur
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melakukan ziarah ke makam Presiden RI ke-4 KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Rabu (18/9). (Foto: Syarief/NUO)
Jombang, NU Online
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melakukan ziarah ke makam Presiden RI ke-4 KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Rabu (18/9).
 
Kedatangan orang nomor satu di TNI ini disambut ratusan santri, polisi, dan TNI dengan tabuhan rebana. Panglima disambut Wakil Pengasuh Pesantren Tebuireng, KH Abdullah Hakim Mahfudz di depan dalem kasepuhan.
 
Panglima TNI datang bersama istri, Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Pangkostrad, serta Danjen Kopassus. Dari jajaran TNI Angkatan Laut, ada Kasal dan Dankormar, serta dari jajaran TNI Angkatan Udara ada Kasau dan Dankor Paskhas.
 
Rombongan tiba sekira pukul 14.50 WIB dan melakukan pertemuan tertutup di ndalem kesepuhan bersama keluarga pesantren. Usai itu, dilanjutkan upacara penghormatan kepada almarhum KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Pahlawan Nasional KH M Hasyim Asy'ari dan KH A Wahid Hasyim.
 
Kepada awak media Hadi menjelaskan, ziarah ke makam Gus Dur ini merupakan rangkaian ziarah bersama pejabat utama TNI ke makam para mantan presiden. Kegiatan ini dilakukan guna menyambut HUT TNI ke-74.
 
Sebelum ke Gus Dur, rombangan ini terlebih dahulu ke makam Presiden RI pertama  Soekarno di Blitar. Rangkaian kegiatan ini sebagai bentuk penghormatan kepada mantan pemimpin negara, selaku Panglima Tertinggi di jajaran TNI.
 
"Ini adalah sebagai tradisi dalam rangkaian kegiatan menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) TNI yang ke-73. Pejabat TNI dan semua prajurit berziarah kepada para pendahulu, sebagai pejuang dan sebagai presiden," jelasnya.
 
Panglima TNI berharap para pejabat dan semua prajurit TNI bisa meneladani perjuangan para mantan presiden. Seperti kecintaan mereka dengan negara, jiwa satria, pemberani dan setia.
 
"Kami tauladani perjuangan beliau-beliau. Kami tidak akan melupakan sejarah  bagaimana pengorbanan dan jerih payah beliau-beliau yang ditujukan kepada generasi penerus TNI, sehingga patut kami tauladani bersama," tutur Panglima TNI.
 
Usai menabur bunga di komplek makam Pesantren Tebuireng, Panglima TNI beserta rombongan dijadwalkan berziarah ke makam Presiden RI kedua, Soeharto di Jawa Tengah melalui jalur tol Kertosono-Solo via Tembelang.
 
Kontributor: Syarif Abdurrahman
Editor: Muhammad Faizin
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG