IMG-LOGO
Jelang Muktamar NU

Kiai Said: Ini Rapat Pleno Terakhir PBNU Jelang Muktamar 2020


Sabtu 21 September 2019 11:30 WIB
Bagikan:
Kiai Said: Ini Rapat Pleno Terakhir PBNU Jelang Muktamar 2020
Foto: NU Online/Nurdin
Purwakarta, NU Online
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj menyampaikan bahwa PBNU tidak akan menyelenggarakan rapat pleno hingga penyelenggaraan Muktamar NU 2020. Menurutnya, Rapat Pleno PBNU di Purwakarta ini merupakan rapat pleno terakhir selama masa kepengurusan PBNU 2015-2020.

“Ini pleno terakhir dalam periode saya menyongsong muktamar September 2020 karena ada pilkada serentak bisa jadi berubah sedikit,” kata Kiai Said dalam konferensi pers di area Rapat Pleno PBNU di Pesantren Al-Muhajirin II, Cisereuh, Kabupaten Purwakarta, Jum’at (20/9) siang.

Pada pidato pembukaan Rapat Pleno PBNU 2019, Kiai Said menyampaikan rasa syukur karena segenap pengurus harian PBNU masih dapat menjalankan tugasnya dalam mengemban amanah Muktamar NU 2015 di Jombang, Jawa Timur.

Alhamdulillah, sejak diberi mandat oleh Muktamar Ke-33 NU di Jombang, saya selaku mandataris muktamar beserta seluruh pengurus harian PBNU masih diberi kekuatan untuk menjalankan mandat organisasi sampai saat ini,” kata Kiai Said di hadapan ratusan warga NU yang menghadiri pembukaan Rapat Pleno PBNU 2019, Jum’at (20/9) sore.

Pada kesempatan ini, Kiai Said menyinggung situasi nasional yang terjadi belakangan. Ia menyebut sikap PBNU terkait RUU Pesantren, RUU Pertanahan, soal rendahnya penanganan pemerintah terhadap kampanye khilafah dan formalisme Islam.

Terkait situasi terakhir nasional, Kiai Said menyatakan bahwa pencabutan hak hukum HTI tidak menghentikan dakwah khilafah. Hal ini dapat terjadi, menurutnya, karena pemerintah lemah, melakukan pembiaran, atau tidak serius.

Alhamdulillah, di tengah situasi nasional yang dinamis, di tengah deraan isu dan fitnah yang menerpa NU dan PBNU, kita sebagai jamâ’ah dan jam’iyah tetap berdiri dan semakin kokoh,” kata Kiai Said.

Tampak hadir dalam pembukaan Rapat Pleno PBNU 2019 pengurus harian PBNU, pengurus lembaga dan banom NU, Wapres RI terpilih KH Ma’ruf Amin, Gubernur Jabar H Ridwan Kamil, Bupati Purwakarta Hj Anne Ratna Mustika.
 

Pewarta: Alhafiz Kurniawan
Editor: Kendi Setiawan
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Maulid Akbar dan Doa untuk Keselamatan Bangsa
Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
IMG
IMG