Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

PBNU Terus Perluas Peranan dalam Meningkatkan Pelayanan Umat

PBNU Terus Perluas Peranan dalam Meningkatkan Pelayanan Umat
Rapat Pelno Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) di Pondok Pesantren Al-Muhajirin 2 Purwakarta, Jawa Barat. (Foto: NU Online/Fathoni)
Rapat Pelno Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) di Pondok Pesantren Al-Muhajirin 2 Purwakarta, Jawa Barat. (Foto: NU Online/Fathoni)
Purwakarta, NU Online
Rapat Komisi Bidang Program pada Pleno Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) 2019 di Pesantren Al-Muhajirin 2 Ciseureuh, Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu (21/9) sore menghasilkan beberapa poin penting. Di antara poin itu antara lain PBNU sepakat memperluas peranan untuk meningkatkan pelayanan kepada umat. 

Rapat komisi yang dipimpin Ketua PBNU Syahrizal Syarif itu dihadiri puluhan peserta terdiri dari  para Pengurus Tahfidiyah, Pengurus Lembaga dan Pengurus Banom NU. Para peserta berdikusi panjang terkait program NU jelang Muktamar ke-34 NU.

Penguatan peranan yang dimaksud yakni PBNU perlu memperkuat kelembagaan yang fokus menangani sejumlah persoalan di masyarakat seperti soal kebakaran hutan dan lahan, kesehatan, pendidikan, penguatan ekonomi umat, penguatan pemahaman agama yang utuh, dan metode dakwah. 

Berbagai penguatan tersebut akan ditindaklanjuti setelah Pleno digelar sehingga saat Muktamar 34 penguatan peranan tersebut dibahas dan disahkan. Hasilnya bisa melahirkan lembaga baru maupun memperkuat lembaga yang ada. 

“Nanti usulan bapak ibu kita bawa di forum lain, disini semua peserta hanya berhak mengusulkan,” kata Pimpinan Sidang Syahrizal Syarif saat merespon salah satu peserta sidang. 

Para peserta sidang bergantian menyampaikan pendapatnya terkait dengan program NU jelang Muktamar ke-34. Meski beberapa usulan dianggap bersifat jangka panjang, seluruh usulan ditindak lanjuti untuk diperdalam pada workhsop di masing-masing lembaga atau Banom. 

“Kedepan kami beharap juga bahwa kehadiran NU di masyarakat dalam merespon berbagai hal diintegrasikan, misalnya cukup dengan brain NU peduli, NU peduli ini atas nama semua lembaga, bareng-bareng membantu masyarakat dalam hal apapun,” kata Ketua PP Lazisnu Achmad Sudrajat yang menjadi peserta sidang. 

Usulan lain datang dari PP LP Ma'arif NU, bahwa banyak sekali keluarga besar LP Ma'arif NU di daerah yang meminta NU untuk memperkuat masalah kemandirian ekonomi. Sehinngga, masalah pendidikan di masyarakat terbantu karena hadirnya berbagai upaya yang dilakukan PBNU. 

Dari berbagai usulan tersebut seluruh peserta berharap PBNU jelang Muktamar 34 ini bisa terus membantu masyarakat dengan memperluas peranan masing-masing lembaga atau Banom. Dengan begitu, kehadiran organisasi masyarakat seperti NU bisa bermanfat secara nyata.

Pewarta: Abdul Rahman Ahdori
Editor: Fathoni Ahmad
BNI Mobile