Tingkatkan SDM Pengurus, LAZISNU Demak Akan Gelar Madrasah ’Amil

Tingkatkan SDM Pengurus, LAZISNU Demak Akan Gelar Madrasah ’Amil
Pengurus LAZISNU Demak sedang rapat di kantor PCNU setempat, Sabtu (21/9). (Foto: NU Online/Shiddiq)
Pengurus LAZISNU Demak sedang rapat di kantor PCNU setempat, Sabtu (21/9). (Foto: NU Online/Shiddiq)
Demak, NU Online
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Demak dalam menjalankan program kerjanya ditekankan pada peningkatan konsolidasi dan administrasi di semua tingkatan. Seperti halnya yang dilakukan Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sedekah (LAZIS) NU Demak melalui program KOIN NU yang sudah berjalan dituntut  untuk bisa memenuhi tertib administrasi karena bersinggungan dengan amanah umat.
 
Hal tersebut disampaikan ketua LAZISNU Demak, Zayinul Fata, usai rapat koordinasi dengan pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) se-Kabupaten Demak di kantor NU Jl. Sultan Fattah No. 611 Demak, Jawa Tengah, Sabtu (21/9).
 
“KOIN NU ini sudah berjalan hampir di semua MWC dan Ranting. Karena bersinggungan dengan dana dan berbadan hukum maka mau tidak mau administrasi harus tertib termasuk SK nya,” kata Zayinul Fata.
 
Lebih lanjut, Zayinul Fata mengatakan sebagai wujud tanggung jawab yang diembannya dia mengharap selain tertib administrasi dana yang terkumpul dari warga NU bisa dimanfaatkan pula pada warga NU yang selama ini dirasa membutuhkan dengan alasan terkumpul dan tersalurkannya dana merupakan wujud konsolidasi organisasi yang dianggapnya sangat kuat.
 
“Kalau dana KOIN bisa terkelola dengan baik dan manfaatnya benar benar bisa dirasakan langsung oleh warga NU sesuai peruntukannya maka konsolidasi kita kuat, insyaallah itu bisa kami pertanggungjawabkan,” harap Wakil Ketua DPRD Demak dari FPKB tersebut.
 
Sementara itu, Arifin selaku pelaksana teknis LAZISNU Demak saat menyampaikan hasil rakor dengan MWC dengan berbagai keputusan. Di antaranya, tiap MWC membentuk kepengurusan Unit Pengumpul Zakat Infaq dan Sedekah (UPZIS) baik tingkat kecamatan maupun ranting untuk dibuatkan SK oleh Pengurus Cabang.
 
“MWC kita minta untuk melengkapi kepengurusan UPZIS sampai ranting untuk kita terbitkan SK,” jelasnya.
 
Dalam waktu dekat, menurut Zayinul Fata, pengurus UPZIS akan diberi pembekalan oleh PCNU dan PWNU dalam Madrasah Amil. Dalam forum tersebut akan diberikan materi produk dasar hukum, payung hukum, dan sistem pelaporan yang harus dikerjakan bagi setiap pengurus.
 
“Dalam waktu dekat, pengurus akan kita ajak belajar bersama sistem pembukuan dan pelaporan di samping pemahaman dasar dan payung hukum yang Insyaallah akan kita selenggarakan di Pesantren Asnawiyah Kebonagung,” pungkasnya.
 

Kontributor : A Shiddiq Sugiarto
Editor: Musthofa Asrori
BNI Mobile