Makesta Ajang Pengkaderan Dini NU

Makesta Ajang Pengkaderan Dini NU
Ketua PC ISNU Demak, Ali Maskun (Foto: NU Online/Samsul)
Ketua PC ISNU Demak, Ali Maskun (Foto: NU Online/Samsul)
Demak, NU Online
Ketua Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Kabupaten Demak, Jawa Tengah Muhammad Ali Maskun mengatakan, secara lahiriyah Masa Kesetiaan Anggota (Makesta)  merupakan gerbang awal kader-kader pemula Nahdliyin dalam belajar berjamiyah di NU.
 
"Karena itu agenda Makesta menjadi sangat penting bagi para pelajar NU," kata Ali Maskun saat menyampaikan ceramah dalam Makesta  yang diselenggarakan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelaar Nahdlatul Ulama (IPNU) - Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Demak Kota di Aula MA NU Demak Kota, Sabtu (21/9) kemarin.
 
Menurutnya, selain menjadi ajang pengenalan tentang NU bagi para pelajar,  Makesta juga sekaligus menjadi sarana untuk pengkaderan di bagi para kader-kader pemula NU.
 
Makesta merupakan pintu gerbang yang harus dilalui oleh calon-calon kader NU. Karena di situ diajarkan bagaimana berorganisasi dan pengenalan NU secara menyeluruh, sehingga bagi anak muda yang ingin bergabung di IPNU-IPPNU, maka Makesta harus diikuti," jelasnya.
 
Kepada NU Online, Senin (23/9) Ali Maskun banyak berharap terhadap kader-kader muda untuk bisa meneruskan estafet para ulama, kiai, dan kaum intelektual untuk meneruskan kepemimpinan di tubuh NU.
 
"Tentu karena zaman terus berubah dan berkembang, berbagai bekal harus dimiliki kaum muda NU, jangan sampai ketinggalan zaman," tegasnya.  
 
Dijelaskan, Makesta IPNU-IPPNU harus dijadikan langkah awal realisasi proses pengkaderan dini di tubuh NU. Dirinya berharap pengkaderan yang dilakukan jajaran Badan Otonom NU seperti IPNU-IPPNU, Fatayat, dan Ansor dapat menghasilkan kader-kader NU yang berkualitas.
 
"Aktif di NU tidak bisa dilakukan secara instan, harus melalui proses yang cukup panjang dan berjenjang. Bahkan saat ini ada yang namanya Pendidikan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama (PKPNU, Madrasah Kader Nahdlatul Ulama (MKNU), dan lain-lain," ujarnya.
 
Pelajar hari ini lanjutnya, adalah calon-calon pemimpin dan pemilik masa depan NU dan bangsa. Karen itu para peserta Makesta harus memahami hal ini.  

Dia menambahkan, makesta selain akan menjadi ajang rekrutmen kader NU sekaligus juga sebagai ajang kaderisasi dini NU.
 
"Sebelum mengikuti proses pengkaderan di NU dan perangkat organisasi lainnya para pelajar NU dikenalkan secara detail tentang Jamiyah NU di arena Makesta," pungkasnya. 
 
Kontributor: Samsul
Editor: Abdul Muiz
BNI Mobile