IMG-LOGO
Daerah

Innalillahi, Pengasuh Pesantren Bidayatul Faizin Garut KH Aceng Umar Ishaq Wafat


Rabu 25 September 2019 08:00 WIB
Bagikan:
Innalillahi, Pengasuh Pesantren Bidayatul Faizin Garut KH Aceng Umar Ishaq Wafat
Almarhum KH Aceng Umar Ishaq
Garut, NU Onlline
Di tengah kebahagiaan masyarakat pesantren atas disahkannya Undang Undang (UU) Pesantren oleh DPR RI, warga Garut dilanda kesedihan dan duka yang amat mendalam, khususnya bagi warga NU dan Pondok Pesantren Fauzan 1-8 atas meninggalnya Sepuh Pondok Pesantren Bidayatul Faizin Fauzan 5 KH Aceng Umar Ishaq.  
 
KH Aceng Umar bin KH Aceng Muhammad Ishaq bin KH Muhammad Umar Bashri Al-Fauzani nama lengkapnya meninggal dalam usia 81 tahun pada Selasa, 24 September 2019/24 Muharram 1441 H jam 16.00 bertempat di kediamannya, Kp. Kaum 01/10 Kelurahan Paminggir Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat.
 
KH Aceng Umar Ishaq atau lebih dikenal dengan Pangresa Aceng Emong atau Aceng Momor dimakamkan di pemakaman Pesantren Fauzan 1 Ds./Kecaatan Sukaresmi Kabupaten Garut. Dalam pemakamannya dihadiri jajaran PCNU Garut, PWNU Jawa Barat, pejabat, serta ribuan alumni, muhibbin, serta masyarakat Garut.
 
Kiai Aceng merupakan putra pertama dari KH Muhammad Ishaq juga kakak sepupu dari Mustasyar PCNU Garut yakni KH Aceng Mimar Hidayat dan KH Aceng Aam Umar Alam yang merupakan Pengasuh Pesantren Hidayatul Faizin (Urug) dan Pesantren Fauzan 1.
 
Almarhum merupakan tokoh penggerak masyarakat dalam memajukan Pesantren Fauzan, beberapa jasanya sebagaimana sambutan atas nama keluarga yang disampaikan oleh KH Aceng Aam Umar Alam.
 
Menurut KH Aceng Aam, dalam proses pembangunan asrama lama Pesantren Fauzan, almarhum berjuang untuk mengumpulkan massa dan bahan bangunan dari Garut selatan, bahkan bahan bangunan mulai dari kayu, teras, dan pasir dari daerah selatan yang berjarak lebih dari 30 km, semua diangkut oleh masyarakat tanpa menggunakan kendaraan.
 
"Almarhum Kiai Aceng Umar membangun asrama dengan melibatkan masyarakat membawa material sejauh 30 km tanpa menggunakan kendaraan," ujarnya.
 
Selain itu lanjutnya, KH Aceng Umar Ishaq merupakan ulama yang giat dalam berjuang membesarkan NU di Garut. "Semoga tinggalan almarhum berupa lembaga pendidikan pesantren dapat teru berkembang untuk dapat berkontribusi membangun negeri," pungkasnya. 
 
Kontributor: Muhammad Salim
Editor: Abdul Muiz
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG