Habib Umar: Amar Ma'ruf Nahi Munkar, Lakukan dengan Cara Ma'ruf

Habib Umar: Amar Ma'ruf Nahi Munkar, Lakukan dengan Cara Ma'ruf
Habib Umar bin Hafidz (Foto: NU Online Solo)
Habib Umar bin Hafidz (Foto: NU Online Solo)
Sukoharjo, NU Online
Dalam mendakwahkan ajaran agama Islam kepada masyarakat memerlukan berbagai metode agar dakwah yang disampaikan dapat diterima secara efektif dan lebih luas.
 
Demikian disampaikan ulama kharismatik asal Hadramaut, Yaman, Habib Umar bin Muhammad bin Salim bin Hafidz pada acara Silaturahim Akbar 1.000 Ulama dan Tokoh Umat Islam Solo Raya, di salah satu hotel di Solobaru Sukoharjo, Jawa Tengah, Jumat (27/9) sore.
 
"Dalam berdakwah lakukan dengan cara yang baik dan lemah lembut," tutur Habib Umar.
 
Lebih lanjut diterangkan Habib Umar, dalam melakukan amar ma'ruf harus dilakukan dengan cara ma'ruf (baik). "Begitu pula dalam memberantas atau mencegah kemunkaran, nahi munkar juga mesti diakukan dengan cara yang ma'ruf pula," kata dia.
 
Menurutnya, apabila ada seseorang yang hendak memerangi kemungkaran, akan tetapi ia lakulan dengan mencaci maki dan lain sejenisnya, maka sejatinya ia juga melakukan kemungkaran yang lain.
 
"Bukan dengan cara yang munkar. Bukan dengan caci maki, dusta, khianat yang dengan cara tersebut berarti anda juga melakukan kemunkaran yang lain," terang Habib Umar.
 
Selain itu, metode dakwah dengan menggunakan cara yang kasar dan penuh kekerasan justru akan menjauhkan dengan sasaran dakwah. "Kalau kamu punya hati yang kasar dan benci, maka mereka akan lari darimu!" tegasnya.

Sebelumnya, yakni pada Rabu (25/9) malam Habib Umar bin Hafidz menghadiri acara 'Tabligh Akbar' di Lapangan Simpang Lima, Semarang, Jawa Tengah. 
 
Ribuan umat Islam menghadiri Majelis Al Wafa Bi’ahdillah bersama dengan Pemkot Semarang, Pemprov Jateng, Polda Jateng serta Kodam IV/Diponegoro menggelar Tabligh Akbar dalam rangka kunjungan safari Dakwah Habib Umar bin Hafidh.
Ulama besar dari Yaman ini memberikan materi ceramah dengan tema Dengan Cinta Nabi Muhammad SAW, Bersama Merajut Ukhuwah Demi Tegaknya NKRI. 

Selain di Sukoharjo, dalam rangkaian kegiatan rihlah dakwah di Solo selama dua hari ini, Habib Umar juga mengunjungi beberapa tempat, di antaranya di Masjid Riyadh, Masjid As Segaf, Masjid Agung Surakarta, dan terakhir dijadwalkan untuk menghadiri acara Tabligh Akbar Indonesia Bershalawat di Stadion Sriwedari bersama Habib Syech bin Abdul Qadir Assegaf.
 
Kontributor: Ajie Najmuddin
Editor: Abdul Muiz
BNI Mobile