IMG-LOGO
Internasional

Pergunu Ajak Guru Jepang Dirikan Asosiasi Profesi Tingkat ASEAN


Sabtu 28 September 2019 21:15 WIB
Bagikan:
Pergunu Ajak Guru Jepang Dirikan Asosiasi Profesi Tingkat ASEAN
Pertemuan komponen NU dengan Association of Chairman of Japanese Fisheries High School (Foto: NU Online)
Jakarta, NU Online
Pimpinan Pusat Persatuan Guru Nahdlatul Ulama menginisiasi terbentuknya wadah Asosiasi Guru Tingkat ASEAN. Hal itu disampaikan oleh Wakil Ketum Pergunu, Aris Adi Leksono saat berkunjung ke Yaizi Suisan High School, Jepang, Jumat (27/9).
 
"Sebelumnya terima kasih atas undangan asosiasi. Kami berharap forum ini menjadi pintu masuk untuk melakukan kerja sama lebih jauh dalam dunia pendidikan, khususnya keguruan," kata Aris dalam kesempatan tersebut seperti disampaikannya kepada NU Online, Sabtu (28/).
 
Aris berharap​​ melalui forum tersebut, pihanya mengajak kepada Asosiasi Guru di Jepang untuk meningkatkan hubungan lebih luas, yaitu tingkat ASEAN. Aris menegaskan bahwa keberadaan Asosiasi Guru tingkat ASEAN sangat penting, sebagai wadah tukar ide, gagasan, dan pengalaman. "Terutama dalam mewujudkan kompetensi guru yang responsif terhadap perkembangan abad 21," imbuhnya.

Era baru, kata Aris, terus bergulir ditandai dengan revolusi industri 4.0 atau era abad 21. Peran guru sangat dibutuhkan untuk merespons perubahan yang cepat tersebut. "Maka keberadaan Asosiasi Guru tingkat ASEAN sangat penting untuk sharing ide dan pengalaman," papar Aris yang juga guru di MTsN 34 Jakarta.

Selain pesan keilmuan dan kompetensi keguruan, Asosiasi Guru Tingkat ASIA disampaikannya juga sangat strategis untuk sarana membangun dukungan berbasis budaya untuk kemajuan peradaban bangsa. Selain itu, wadah ini juga dapat sebagai sarana untuk menyuarakan persaudaraan, toleransi, dan maju bersama dalam bingkai kearifan lokal.

"Kita perlu wadah ini untuk terus menyuarakan persaudaraan, toleransi, dan kemajuan bersama. Tentunya dengan tetap memegang teguh nilai kearifan lokal," pungkas Aris.
 
Kunjungan Pergunu ini dalam rangka memenuhi undangan Association of Chairman of Japanese Fisheries High School. Dalam kunjungan ini turut hadir Ketua PBNU, H Eman Suryaman: Ketua LP Ma'arif NU H Arifin Junaidi; Rektor UNU NTB, Baiq Mulyanah; Perwakilan dari Lembaga Bantuan Tekhnologi, Hasyim Nasution;  serta sejumlah kepala SMK dari dalam negeri.
 
Pewarta: Kendi Setiawan
Editor: Fathoni Ahmad
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG