IMG-LOGO
Daerah

Peringati Hari Santri, Santri Tubaba Diminta Jaga Kebersihan


Senin 30 September 2019 03:00 WIB
Bagikan:
Peringati Hari Santri, Santri Tubaba Diminta Jaga Kebersihan
Rapat persiapan Hari Santri 2019 di Tubaba (Foto: NU Online/Gati Susanto)
Tulangbawang Barat, NU Online
Ribuan santri diperkirakan akan ikut meramaikan peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2019 di Kabupaten Tulangbawang Barat, Lampung. Kegiatan yang jatuh pada tanggal 22 Oktober mendatang tersebut,  akan dipusatkan di Lapangan Sepakbola Kelurahan Dayamurni, Kecamatan Tumijajar.
 
Wakil  Sekretaris Panitia Peringatan HSN 2019 Tulangbawang Barat, Taufik Hidayat, menjelaskan sejumlah agenda telah disiapkan di antaranya perlombaan-perlombaan.

"Acaranya banyak, selain upacara juga karnaval, perlombaan bagi para santri," kata pria yang akrab disapa Gus Taufik ini, Ahad (29/9).
 
Peringatan HSN yang diperingati setiap 22 Oktober  lanjut Gus Taufik, berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 22 tahun 2015 itu. Mengingat banyaknya santri yang terlibat dalam upacara maupun perlombaan, di mana mereka membawa bekal dan makanan yang biasanya menyisakan sampah terutama plastik, para santri diminta menjaga kebersihan.
 
"Ini (menjaga kebersihan) adalah wujud kontribusi santri untuk mengampanyekan gaya hidup bersih dan turut menjaga kebersihan di bumi Ragem Sai Mangi Wawai ini. Dengan lingkungan yang bersih, beribadah akan menjadi nyaman, hidup menjadi lebih sehat, bekerja lebih semangat," ungkapnya.
 
Karena itu, dirinya meminta kepada peserta untuk tidak menggunakan plastik yang merupakan penyebab maraknya sampah usai kegiatan berlangsung. "Bila perlu minumnya menggunakan galon dan gelasnya membawa dari rumah, agar tidak meninggalkan sampah usai acara," ucapnya.

Selain itu, terkait kirab santri dirinya menekankan jangan sampai para sopir saling mendahului karena akan mengakibatkan suasana menjadi semrawut dan acak-acakan acakan.

"Kirab nanti akan dibuat beregu dari masing-masing kontingen pesantren, madrasah diniyah, TPQ, TPA, dan kelompok-kelompok pengajian se-Tulangbawsng Barat," ujarnya.

"Untuk itu, kami meminta kepada panitia maupun peserta agar menjaga ketertiban menuju  lancarnya kegiatan dengan harapan tanpa ada masalah apa pun, dan HSN 2019 di Tubaba sukses," pungkasnya.
 
Kontributor: Gati Susanto
Editor: Kendi Setiawan
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG