IMG-LOGO
Daerah

Diklatsus Banser untuk Didik Kader Aktif Bermasyarakat


Senin 30 September 2019 19:30 WIB
Bagikan:
Diklatsus Banser untuk Didik Kader Aktif Bermasyarakat
Diklatsus Banser Jatim di Madiun
Madiun, NU Online
Pendidikan dan Pelatihan Khusus (Diklatsus) Barisan Ansor serbaguna (Banser) yang dihelat Satuan Koordinasi Wilayah (Satkorwil) Banser Jawa Timur untuk mendidik kader-kader anggota Banser agar lebih berperan aktif dalam menjalankan tugas sosial di masyarakat.
 
"Anggota Banser wajib meningkatkan kapasitas diri demi berkhidmat kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Nahdathul Ulama(NU)," ujar Kasatkorwil Banser Jatim Yunianto.
 
Hal itu disampaikan saat dirinya menjadi pembina apel pembukaan Diklatsus 2019, Jumat (27/9) di bumi perkemahan Jati Aren, Kresek, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.
 
Dikatakan, sebagai garda terdepan Ansor dan NU, Banser kini telah emilki satuan khusus di bidang lalu lintas (Balantas), bidang tanggap bencana (Bagana), dan Bnaser Husada (Basada) yang saat ini mengikuti Diklatsus.
 
"Jadi ini sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan kader, agar kalian lebih terampil dalam setiap menangani masalah yang menimpa masyarakat," tegasnya.   
Ketua Pimpinan Cabang GP Ansor Kabupaten Madiun, Khotamil Anam mengungkapkan, peserta Diklatsus diikuti sebanyak 277 orang datang dari berbagai daerah termasuk peserta dari Bali ada 14 orang. 
 
"Kegiatan Diklatsus Satkorwil Banser Jatim mulai Jumat (27/9) dan berakhir Ahad (29/9)," ujarnya.
 
Ketua Pengurus Cabang NU Madiun KH Mizan Basyari kepada NU Online, Senin (30/9) mengungkapkan, Diklatsus yang dihelat Banser banyak mengasah tentang keterampilan. Dirinya berharap ada kemanfaatan khususnya terhadap penanggulangan bencana khususnya longsor dan banjir. 
 
"Saya berharap Banser Bagana, Balantas dan Basada dapat menjadi garda terdepan untuk membantu masyarakat terhadap kejadian bencana alam di wilayah Madiun khususnya, mulai dari penanggulangan, pada saat kejadian, maupun pada saat pascakejadian, bebernya.  
 
Di tengah kegiatan Diklatsus, peserta menggelar shalat istisqa diimami oleh Kasatkorwil Banser Jatim, Yunianto Wahyudi. Sedangkan khatib Mohammad Zaenal Abidin, sesepuh Banser Madiun.
 
"Ikhtiar ini kita niatkan dengan tulus ikhlas, semuanya tergantung kepada Allah SWT, semoga dengan doa dari bumi Kresek, dan daerah lain se-Indonesia, Allah SWT segera menurunkan hujan dan bencana yang melanda tanah air segera berakhir," ungkapnya.
 
Kontributor : Hen Su
Editor: Abdul Muiz
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG