IMG-LOGO
Daerah
LSN 2019

Liga Santri Nusantara Aceh Mulai 18 Oktober 2019


Senin 30 September 2019 22:45 WIB
Bagikan:
Liga Santri Nusantara Aceh Mulai 18 Oktober 2019
Logo LSN Aceh (Foto: NU Online)
Banda Aceh, NU Online
Liga Santri Nusantara (LSN) Sumatera I Aceh Tahun 2019 ini kembali digulirkan berbarengan kompetisi Liga Santri di 28 regional lainnya di Indonesia. Liga sepakbola antardayah/pesantren yang memperebutkan Piala bergilir Gubernur Aceh ini  direncanakan bertempat di Stadion Kreung Mane, Muara Batu, Aceh Utara. Turnamen LSN 2019 kali ini mengusung tema Dari Pesantren untuk NKRI. 
 
"Kompetisi LSN Sumatera I Aceh ini akan bergulir mulai 18 Oktober 2019, laga final direncanakan pada 22 Oktober 2019 bersamaan dengan Peringatan Hari Santri Nasional (HSN). Juara Seri Region akan berlaga di Seri Nasional di  Bogor, Jawa Barat pada akhir Oktober hingga awal November 2019," kata Koordinator Regional Liga LSN Regional Sumatera I Aceh Iskandar Zulkarnaen, di Sekretariat Panitia LSN Regional Sumatera I Aceh, di Kantor Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Aceh Jalan Ir Mohd Thahier, No 09, Komplek Dayah Thalibul Huda, Bayu-Lamcot, Senin (30/9).
 
Iskandar mengatakan, penyelenggaraan Kompetisi LSN 2019 tahun keempat di Aceh ini merupakan bagian dari LSN Nasional yang penyelenggaraannya dilakukan oleh Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Aceh, RMINU Aceh dan bekerjasama dengan Pemerintah Aceh melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) serta melibatkan beberapa kalangan pelaku olahraga di Aceh.

Pertandingan LSN tahun 2019 usia 17 tahun akan berlangsung di Stadion Kreung Mane, Muara Batu, Aceh Utara. "Kita memilih Stadion Krueng Mane mengingat stadion ini sangat representatif, mudah dijangkau oleh berbagai dayah di Aceh yang sebarannya paling banyak di Kabupaten/Kota di kawasan pesisir timur Aceh. Selain itu, dalam pelaksanaan pertandingan mendapat dukungan dari PSSI dan Persip Pase.
 
"Kami juga mengharapkan dukungan semua pihak untuk suksesnya ajang pembinaan olahraga santri dayah ini," kata Wakil Ketua PWNU Aceh ini yang didampingi Presiden Klub Persip Pasee H Zulfadhli dan Syech Mulyadi.
 
"Persip Pasee dan pengelola Stadion Krueng Mane siap memberikan dukungan bagi penyelenggaraan LSN 2019 Regional Sumatera I Aceh. Kami bersama panitia dari PW NU dan Dispora Aceh akan menjalankan kompetisi ini secara professional mengikuti regulasi yang sudah disusun dan berlaku secara nasional," tambah H Zulfadhli. 
 
Seri LSN 2019 Regional Sumatera I Aceh mencakup daerah Kabupaten/Kota Sabang, Banda Aceh, Aceh Besar, Pidie, Pidie Jaya, Bireuen, Aceh Utara, Lhokseumawe, Aceh Timur, Langsa, dan Aceh Tamiang.
 
Pendaftaran Peserta 
 
H Zulfadhli juga mengatakan pendaftaran keikutsertaan klub pada tanggal 7- 12 Oktober 2019. Untuk pendaftaranya dapat langsung membawa berkas ke Sekretariat LSN Regional Sumatera I Aceh, Kantor PWNU Aceh di Jl Ir Mohd Thahier No 09, Komplek Dayah Thalibul Huda,  Bayu, Lamcot, Kecamatan Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar. Pendaftaranjuga dapat dilakukan dengan menghubungi Ketua Panitia Pelaksana Indra Kariadi di nomor 0852-6016-7216. Panitia tidak memungut biaya  pendaftaran untuk kompetisi ini.
 
Bagi dayah atau pesantren yang berminat untuk ikut, panitia akan mengirimkan undangan dan form pendaftaran peserta, pelatih dan official untuk didaftarkan sebagai peserta LSN 2019. Pendaftaran ini akan dilakukan online dan didaftar dalam sistem registrasi LSN secara nasional. Panitia mensyaratkan beberapa ketentuan yang harus dipenuhi oleh peserta Klub, diantaranya:
 
Setiap klub harus mempunyai dua set kostum yang beda warna dengan ukuran sebatas tingkat kepatuhan. Pendaftaran pemain secara kolektif dan individu (mengikuti format Formulir Panitia) dibuat dalam bentuk buku/album rangkap 3 (dengan melampirkan) izin operasional dayah/pesantren, fotokopi kartu/surat keterangan santri dayah, kartu keluarga, akte kelahiran, ijazah, buku rapor, surat keterangan sehat dari Puskesmas atau rumah sakit. Semua berkas asli dibawa oleh pemain saat screening.

Pemain yang didaftarkan untuk mengikuti LSN 2019 wajib memenuhi persyaratan, yakni terdaftar sebagai santri pada dayah/pesantren yang bersangkutan, pemain yang berstatus amatir, kelahiran 1 Januari 2002 dan setelahnya serta dapat menunjukkan identitas diri sebagaimana dibutuhkan dan telah disahkan.

Panitia akan melakukan screening terhadap seluruh pemain pada tanggal 13 Oktober 2019 untuk peserta dari Kabupaten Aceh Utara, Bireuen, dan Lhokseumawe; dan tanggal 14 Oktober 2019 untuk peserta dari Kabupaten/Kota lainnya serta akan mengadakan manager meeting dan drawing pada sore harinya.
 
Pewarta: Indra Kariadi
Editor: Kendi Setiawan
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG