IMG-LOGO
Daerah

Kenalkan Ansor Melalui Turnamen Sepakbola


Kamis 3 Oktober 2019 15:30 WIB
Bagikan:
Kenalkan Ansor Melalui Turnamen Sepakbola
Ansor Cup di PAC Ansor Balen, Bojonegoro, Jatim (Foto: NU Online/M Yazid)
Bojonegoro, NU Online
Banyak cara dilakukan untuk mengenalkan badan otonom (Banom) Nahdlatul Ulama, yakni Ansor kepada masyarakat terutama para pemuda. Salah satunya melalui turnamen sepakbola yang diselenggarakan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda Ansor NU Balen, Bojonegoro, Jawa Timur.
 
Setidaknya turnamen Ansor Cup yang diikiti 24 tim perwakilan setiap ranting dari desa se-Kecamatan Balen tersebut, mulai tanggal 1 sampai 14 Oktober 2019 di lapangan Desa Suwaloh Kecamatan Balen. Dimungkinkan kegiatan tersebut akan rutin diadakan setiap tahun, untuk memperbanyak kader Ansor di Kecamatan Balen.
 
Wakil ketua PAC GP Ansor Balen, Abdul Ghoni Asror menuturkan, turnamen sepakbola ini baru pertama dilaksanakan yang diikiti 24 tim perwakilan ranting Ansor. Namun dalam pertandingan kemenangan menjadi nomor sekian, terpenting bermain sportif.
 
Walaupun baru pertama dilaksanakan, antusias peserta sangat tinggi dengan banyak peserta yang berpartisipasi. Selain itu turnamen ini salah satu bentuk nyata Ansor Balen memperkenalkan organisasi yang menjadi Banom NU kepada masyarakat, terutama pemuda di Kecamatan Balen.
 
"Sehingga para anggota Ansor di Kecamatan Balen dapat bersilaturahim antaranggota Ansor dari desa lain. Termasuk selain kajian, mengaji, istighotsah, dan kegiatan keagamaan lain, Ansor juga menggelorakan olahraga para pemuda di Balen," tuturnya saat pembukaan turnamen, Selasa (1/10) sore.
 
Ketua Pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Balen, H Mariyadi mengapresiasi turnamen Ansor Cup. Pasalnya, dulu PAC Ansor Balen sempat mengadakan turnamen voli antar desa, saat ia menjabat Ketua PAC Ansor Balen.
 
"Para pemuda harus mengisi kegiatan yang positif, meski saat ini para pemuda banyak ketergantungan dengan gadget. Serta selalu tetap memperjuangan Islam ahlussunnah waljamaah," terangnya.
 
Menurutnya, apalagi turnamen sepakbola Ansor Cup juga menjadi peringatan HUT RI yang masih terasa semaraknya. Sehingga kepada seluruh peserta agar menjunjung tinggi sportivitas.
 
Camat Balen, Husnan juga mengapresiasi kegiatan para pemuda di Kecamatan Balen, seperti halnya turnamen sepakbola yang diadakan Ansor Balen sekarang ini. Sebab pemuda di Balen menorehkan sejarah, pembukaan turnamen yang bertepatan dengan hari kesaktian Pancasila 1 Oktober.
 
"Kegiatan ini menunjukkan kiprah pemuda Ansor di Balen yang mengadakan kegiatan yang positif," ungkap mantan Camat Gondang itu kepada NU Online, Rabu (2/10).
 
Husnan mengimbau kepada pemuda terutama anggota Ansor di Balen, untuk mengenang jasa ulama dan melanjutkannya. "Mari kita lanjutkan perjuangan ulama dengan mengisinya sesuai kapasitas masing-masing organisasi yang kita ikuti," ungkasnya.
 
Kontributor: M Yazid
Editor: Abdul Muiz
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Maulid Akbar dan Doa untuk Keselamatan Bangsa
Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
IMG
IMG