IMG-LOGO
Daerah

Puluhan Non-Muslim Turut Meriahkan Pawai Ta’aruf MTQ di NTB


Kamis 3 Oktober 2019 23:30 WIB
Bagikan:
Puluhan Non-Muslim Turut Meriahkan Pawai Ta’aruf MTQ di NTB
Umat Hindu turut serta dalam pawai ta'aruf MTQ ke-28 di NTB, Kamis (3/10). (Foto: NU Online/Hadi)
Lombok Barat, NU Online
Ada pemandangan menarik di Pawai Ta’aruf Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-28 tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat, Kamis (3/10). Di antara kafilah dari seluruh kabupaten/kota se-NTB, ada deretan warga non muslim yang turut serta dalam rangkaian pembukaan MTQ tersebut.
 
Tampak puluhan umat Hindu dan Buddha membawa spanduk bertuliskan dukungan suksesnya pelaksanaan MTQ XXVIII tingkat Provinsi NTB berbaur dalam kemeriahan pawai ta’aruf.
 
Salah seorang di antara mereka, Nasib, mengaku senang karena bisa ikut berpartisipasi bersama peserta lain dalam pawai memeriahkan acara agama Islam tersebut. Dengan ikut berbaur dalam rangkaian acara MTQ tingkat Provinsi NTB bersama umat Islam, ia berharap terbentuknya kebersamaan meski berbeda keyakinan.
 
“Walaupun kami bukan peserta MTQ dan bukan pula umat Islam, sebagai masyarakat Lombok Barat kami juga ingin ikut mensukseskan pelaksanaan MTQ tingkat NTB. Dengan mengikuti pawai ini, semoga kebersamaan dan toleransi antarumat beragama bisa lebih meningkat,” kata Nasib.
 
Pawai ta’aruf dalam rangkaian pembukaan MTQ ke XXVIII itu dilepas Asisten I H. Ilham didampingi Kepala Dinas Dikpora, Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Lobar di depan Masjid Baital Atiq Gerung.
 
Satu persatu kafilah pun mulai berjalan. Dimulai dari drumband dan Paskibra Lombok Barat yang mengawal iringan piala bergilir MTQ tingkat provinsi, kemudian disusul rombongan Forum Lintas Agama, Kafilah Sumbawa Barat, Lombok Timur, dan seterusnya. Tidak hanya kafilah dari seluruh kontingen, pawai juga diramaikan dengan penampilan drumband pelajar dan atraksi kesenian.
 
“Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dalam rangka MTQ tingkat Provinsi NTB. Tujuannya untuk memberi dukungan, semangat, dan motivasi kepada para peserta MTQ,” kata Ilham usai melepas seluruh kontingen.
 
Harapannya, lanjut dia, MTQ dapat dilaksanakan sebaik-baiknya, sejujur-jujurnya, penuh semangat, dan tanggung jawab. “Pelaksanaan MTQ sebagai upaya membangun sumber daya manusia NTB menuju manusia yang beriman dan bertaqwa,” tutup Ilham.
 
MTQ tingkat Provinsi NTB dimulai Kamis hingga Selasa, 3-9 Oktober 2019, di Gerung, Lombok Barat. Kamis (3/10) malam, akan digelar upacara pembukaan yang dipimpin langsung oleh Gubernur NTB H. Zulkiflimasnyah.
 

Kontributor: Hadi
Editor: Musthofa Asrori
 
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Maulid Akbar dan Doa untuk Keselamatan Bangsa
Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
IMG
IMG