IMG-LOGO
Daerah

Perkuat Wawasan Kebangsaan, Ansor Bondowoso Hadirkan Gus Muwafiq 


Sabtu 5 Oktober 2019 11:30 WIB
Bagikan:
Perkuat Wawasan Kebangsaan, Ansor Bondowoso Hadirkan Gus Muwafiq 
Gus Muwafiq hadir pada pelantikan Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Bondowoso, Jatim. (Foto: NU Online/Ade Nurwahyudi)
Bondowoso, NU Online
Banyak pekerjaan rumah yang harus menjadi perhatian semua pihak. Baik yang menyangkut kebutuhan internal, maupun terkait perhatian kepada warga sekitar. Ansor dengan kelebihan yang dimiliki hendaknya memiliki kepedulian kepada perjuangan agama dan bangsa.
 
Penegasan ini disampaikan Ketua Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Bondowoso, Kapriyanto, Sabtu (5/10). Karena itu, dirinya memiliki komitmen yang kuat untuk melakukan pemberdayaan di internal sebagai bagian tidak terpisahkan dari NU dan juga bangsa Indonesia.
 
“Komitmen kita bersama menjaga efektifitas dan keaktifan sahabat-sahabat Ansor, sehingga bisa saling sinergi antara pengurus yang satu dengan yang lain,” katanya kepada media ini.
 
Dalam pandangan pria yang pernah menjadi Ketua Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Bondowoso tersebut, dirinya memetakan kekuatan Ansor yang ada.
 
“Ibarat negara kecil yang kita solidkan dengan elemen masing-masing dan membentuk sinergi, kolaborasi dari lembaga satu dengan lembaga yang lain sehingga muncul kesepamahan yang sama,” jelasnya.
 
Hal tersebut mendesak dilakukan untuk bersama membangun kawasan setempat dengan mengoptimalkan kekuatan dan jaringan Ansor. “Dengan demikian kami siap bersinergi dengan siapa saja, termasuk Pemerintah Kabupaten Bondowoso," tegasnya.
 
Dirinya sangat mendukung ikhtiar yang dilakukan pemerintah daerah unrtuk memajukan segala hal, terutama dalam memastikan kesejahteraan warga.
 
“Dan kami dari Ansor bersama menjaga semangat para pemuda serta mengoptimalkan potensi daerah menuju Bondowoso melesat," imbuhnya.
 
Pada saat yang sama, Ansor juga akan terus memupuk wawasan kebangsaan  dan keislaman dengan terus melakukan kajian bagi masa depan daerah dan soliditas kader. 
 
“Oleh sebab itu kami tidak hanya mementingkan struktur di Ansor, tetapi lebih mengutamakan kebersamaan, kerja tim untuk sama-sama berjuang,” ungkapnya.
 
Salah satu yang dilakukan adalah dengan mengundang KH Ahmad Muwafiq atau lebih dikenal dengan Gus Muwafiq untuk hadir saat pelantikan PC GP Ansor Bondowoso. 
 
 
“Gus Muwafiq ini dikenal sebagai orator NU zaman sekarang karena kedalaman ilmu dan kemampuan orasi yang dimiliki akan mengisi pengajian yang kami kemas dengan ngaji kebangsaan,” terangnya.
 
Diharapkan hadirnya Gus Muwafiq tidak semata memompa semangat nasionalisme Ansor, juga hadirin pada kegiatan yang akan dipusatkan di Alon-alon Raden Bagus Asra (RBA) Kironggo Bondowoso
 
“Pengajian sekaligus prosesi pelantikan PC GP Ansor Bondowoso masa khidmah 2018 hingga 2022 akan dilaksanakan pada Selasa malam tanggal 8 Okteber 2019 pada pukul 18.00 WIB,” kata Kapriyanto.
 
Dirinya berharap dengan pengajian yang dihadiri Gus Muwafiq tersebut khususnya Ansor bisa menjadi simbol pemuda atau menjadi wadah untuk merangkul pemuda yang ada di Kota Tape tersebut.
 
Apalagi nantinya Gus Muwafiq akan menjelaskan seputar sejarah bangsa. 
 
“Dengan demikian, kehadirannya akan membuka wacana soal sejarah bangsa dan bagaimana sikap yang harus dipilih para pemuda di zaman saat ini,” pungkasnya.
 
 
Pewarta: Ade Nurwahyudi
Editor: Ibnu Nawawi
 
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG