Keinginan Memulai dan Niat yang Kuat, Kunci Bisa Menulis

Keinginan Memulai dan Niat yang Kuat, Kunci Bisa Menulis
PRNU Pandan Indah, Kecamatan Praya Barat Daya, Lombok Tengah bersama LTNNU menggelar Mardinu. (Foto: NU Online/Hadi)
PRNU Pandan Indah, Kecamatan Praya Barat Daya, Lombok Tengah bersama LTNNU menggelar Mardinu. (Foto: NU Online/Hadi)
Lombok Tengah, NU Online
Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Pandan Indah, Kecamatan Praya Barat Daya, Lombok Tengah berupaya meningkatkan sumber daya manusia (SDM) pengurus dengan menggelar Madrasah Literasi Nahdlatul Ulama (Mardinu), Sabtu (5/10). 
 
Kegiatan yang berlangsung di gedung Lembaga Pelatihan dan Kursus (LPK) Elnglish Rinjani Course ini difasilitasi Lembaga Ta'lif wan Nasyr Nahdlatul Ulama 
 (LTNNU) Cabang Lombok Tengah. 
 
Narasumber kegiatan, Jhoni Sutangga mengatakan, menulis itu tidak mudah, dan jarang yang berhasil saat seseorang mengikuti pelatihan jurnalistik atau kegiatan serupa. Kendati begitu, ada hal-hal yang harus dilakukan seseorang jika tidak mau gagal. Yakni ada keinginan untuk terus mencoba serta memiliki niat yang kuat. Jika dua hal itu sudah dilakukan menulis akan terasa sangat mudah. 
 
"Intinya keinginan memulai itu yang penting," kata pria yang juga salah seorang jurnalis Koran Harian Radar Mandalika di NTB ini.
 
Sebagai jurnalis pemula, lanjut dia, yang perlu dilakukan adalah menulis apa saja. Kecuali satu hal, yaitu menulis kebohongan atau berita hoaks.
 
Dalam konteks berita, penulis harus menekankan pada fakta dengan memasukkan unsur 5W dan 1H. "Kata kunci dalam kepenulisan sebuah berita ada fakta dan narasumber yang bisa dipertanggung jawabkan" jelas Wakil Sekretaris LTNNU NTB ini.
 
Sementara itu, Ketua Ranting NU Pandan Indah, Ust Hamdi mengaku literasi saat ini sangat penting dikuasai warga NU. Dunia digital yang terus berkembang seperti sekarang ini harus dimanfaatkan nahdliyin dengan baik, dan adanya banyak media sosial menjadi kesempatan untuk menyebarluaskan informasi.
 
"Pelatihan jurnalistik ini penting sebagai alat untuk menyampaikan informasi fakta dan melawan berita hoaks," katanya.
 
Ia juga berterimakasih kepada LTNNU Lombok Tengah atas dukungannya, sehingga kegiatan terselenggara dengan lancar. Diharapkan setelah acara, para peserta dapat mengaplikasikannya. 
 
Pada kegiatan tersebut dihadiri oleh puluhan kader muda NU utusan Pengurus Ranting, Pengurus Anak Ranting dan beberapa pengurus di badan otonom (Banom) NU Kecamatan Praya Barat Daya, Lombok Tengah. Hadir pula Ketua LTNNU Cabang Lombok Tengah, Ahmad Jumaili
 
Kontributor: Hadi
Editor: Syamsul Arifin
 
BNI Mobile