IMG-LOGO
Nasional

UIN Palembang Tuan Rumah Perkemahan Wirakarya Kampus Agama


Ahad 6 Oktober 2019 14:30 WIB
Bagikan:
UIN Palembang Tuan Rumah Perkemahan Wirakarya Kampus Agama
Rapat persiapan Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan (PWPTK) XV tahun 2020. (Foto: NU Online/Imam Kusnin Ahmad)
Palembang, NU Online
Kementerian Agama akan menggelar Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan (PWPTK) XV tahun 2020. Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang telah ditetapkan menjadi tuan rumah kegiatan perkemahan bagi kalangan mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) ini.
 
Ruchman Basori Kasubdit Sarana Prasarana dan Kemahasiswaan mewakili Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Ditjen Pendidikan Islam Kemenag Arskal Salim GP menyatakan, perkemahan wirakarya merupakan ajang apresiasi. Juga unjuk karya atas pembinaan pramuka yang selama ini dilakukan oleh UIN, IAIN, STAIN dan PTKIS.
 
“Melalui PWPTK kita akan melihat kapasitas, kreativitas dan semangat mahasiswa pandega dari hasil pembinaan dan dinamika kegatan kepramukaan di pangkalan PTKI,” tutur Ruchman di hadapan Pembina Pramuka PTKIN se-Indonesia, Ahad (6/10).
 
Ruchman berharap agar PWPTK 2020 akan diperkuat dengan mengundang Pramuka luar negeri minimal dari negara tetangga di Asia Tenggara untuk meningkatkan pergaulan dan kepedulian global. 
 
“Menjadi keharusan pramuka PTKI untuk membangun kepedulian mengatasi radikalisme dan intoleransi antar kawasan dengan pramuka lain dengan mengedepankan moderasi beragama,” katanya. 
 
Di samping itu, keberadaan perkemahan penting dalam upaya menjawab tantangan pada revolusi industri 4.0.
 
“Perkemahan Wirakarya PTK harus menjawab kebutuhan pramuka mahasiswa yang notebenenya adalah generasi milenial dan menjawab tantangan revolusi industri 4,0,” harap Ruchman.
 
Waryono Abdul Ghofur selaku Ketua Forum Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama PTKIN se-Indonesia mengatakan kegiatan PWPTK harus sukes. Salah satunya dengan mengedepankan koordinasi dan kolaborasi antara tuan rumah, Kementerian Agama, Wakil Rektor III dan unsur pembina Pramuka.
 
Waryono berharap melalui Gerakan Pramuka pengembangan karakter, penguatan nilai-nilai kebangsaan sekaligus moderasi beragama menjadi efektif ditanamkan kepada mahasiswa PTKI.
 
Rina Antasarim, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Raden Fatah mengatakan, PWPTK XV dengan menjadikan kampusnya menjadi tuan rumah adalah kehormatan sekaligus tantangan bagi UIN Rafa.
 
“Karenanya kita akan persiapkan dengan baik dengan menggandeng pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten dan kota,” jelasnya.
 
Perkemahan akan digelar di Desa Payakabung, Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir. 
 
"Pemda akan membantu penyiapan infra struktur perkemahan yang berada di tanah seluas 20 hektar milik UIN Raden Fatah Palembang," kata Rina.
 
Kak Nanang Saikhu sebagai Ketua Forum Pembina Pramuka PTKIN se-Indonesia mengatakan kegiatan FGD Pembina Pramuka PTKIN digelar untuk membahas revitalisasi Gerakan Pramuka di kalangan PTKI.
 
Kegiatan juga dalam rangka membantu mempersiapkan penyelenggaraan Perkemahan Wirakarya tahun depan. 
 
Rapat dihadiri perwakilan pembina PTKIN, Wakil Rektor Bidang Kemahsiswaan dan Kerja Sama UIN Yogyakarta, UIN Rafa dan IAIN Batusangkar.
 
 
Pewarta: Imam Kusnin Ahmad
Editor: Ibnu Nawawi
 
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Maulid Akbar dan Doa untuk Keselamatan Bangsa
Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
IMG
IMG