Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download
HARI SANTRI 2019

Hari Santri, Lomba Kebersihan hingga Pentas Religi di Pekalongan

Hari Santri, Lomba Kebersihan hingga Pentas Religi di Pekalongan
Foto: Ilustrasi
Foto: Ilustrasi
Pekalongan, NU Online
Semarak peringatan Hari Santri tahun 2019 kembli menggema di beberapa daerah di tanah air. Tak terkecuali Kota Pekalongan, Jawa Tengah, panitia telah menyiapkan agenda perigatan Hari Santri lebih semarak dibanding tahun lalu.
 
Sekretaris Panitia Hari Santri Kota Pekalongan, H Kholil Kurdi kepada NU Online, Ahad (6/10) menjelaskan, ada beberapa agenda yang telah dipersiapkan panitia bekerjasama dengan Pemerintah Kota Pekalongan.
 
"Setidaknya ada enam agenda besar yang telah dipersiapkan panitia akan meramaikan Hari Santri 2019 di Kota Pekalongan," ujarnya.
 
Dijelaskan, agenda pertama yakni lomba kebersihan lingkungan pesantren mulai Jumat 18 Oktober 2019 sampai Senin 21 Okotober 2019.
 
"Lomba kebersihan ini sekaligus dapat menghapus kesan lingkungan pesantren itu jorok, kumuh, dan abai terhadap kebersihan. Dengan diadakannya lomba ini diharapkan pesantren tetap terjaga kebersihannya," ujar Kholil.
 
Kegiatan kedua lanjutnya, pada tanggal 22 Oktober berupa Apel Hari Santri di Alun-alun Kota Pekalongan. Apel kemudian dilanjutkan Pawai Jalan Sehat Hari Santri dimulai Alun-alun dan titik akhir di Kanzus Sholawat Jalan dr Wahidin 70 Pekalongan. Pawai disusul dengan donor darah di tempat yang sama.
 
"Apel Hari Santri akan diikuti seluruh elemen masyarakat, Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemeritah Kota Pekalongan, Santri se-Kota Pekalongan, badan otonom di lingkungan NU, dan TNI Polri.
 
Hal itu, tegas dia, karena Hari Santri bukan menjadi milik kaum santri semata, akan tetapi sudah menjadi milik semua. "Sehingga, peserta apel ya seluruh elemen masyarakat pecinta NKRI," katanya.
 
Dikatakan, pada tanggal 24 Oktober 2019, panitia juga menggelar Seminar Nasional dengan tema Kiprah Pesantren dalam Kancah Internasional. Narasumber seminar adalah KH Maman Imanul Haq dari Jakarta, berlangsung di Gedung Aswaja. Kegiatan dilanjutkan dengan 'Pekalongan Bershalawat bersama Azzahir' dan mauidhah Habib Umar Muthohar di Lapangan Mataram.
 
Sebagai penutup seluruh kegiatan Hari Santri Kota Pekalongan ada pentas seni religi Veve Zulfikar tanggal 27 Oktober 2019 di Gedung Aswaja Pekalongan.
 
Pewarta: Abdul Muiz
Editor: Kendi Setiawan
BNI Mobile