Peduli Kekeringan, Ansor Kawasan Gresik Kirim Air Bersih 

Peduli Kekeringan, Ansor Kawasan Gresik Kirim Air Bersih 
Warga dengan tertib mengantri bantuan air bersih yang dikirim PAC GP Ansor Balongpanggang, Gresik, Jatim. (Foto: NU Online/M Jauhari Utomo)
Warga dengan tertib mengantri bantuan air bersih yang dikirim PAC GP Ansor Balongpanggang, Gresik, Jatim. (Foto: NU Online/M Jauhari Utomo)
Gresik, NU Online
Diawali oleh gerakan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Fatayat NU Wringinanom, Gresik, Jawa Timur, kali ini giliran Gerakan Pemuda (GP) Ansor turut berpartisipasi membantu mengatasi kekeringan yang melanda masyarakat. 
 
Berbeda lokasi pendistribusian, Ansor Balongpanggang membagikan air bersih untuk masyarakat sekitar yang memang masih memerlukan perhatian.
 
Mereka langsung turun ke sejumlah desa untuk mengawal pendistribusian bantuan air bersih di Kecamatan Balongpanggang yang terdampak kekurangan air bersih. Diketahui, daerah ini secara geografis memang tergolong rawan kekeringan ketika musim kemarau.
 
"Memang kemarau panjang tahun ini sangat terasa sekali bagi beberapa desa di Kecamatan Balongpanggang,” kata Sriyono, Selasa (8/10).  
 
Salah satu desa yang terdampak adalah Desa Dohoagung karena sumur di kawasan tersebut juga kurang memenuhi kebutuhan air bersih ketika kemarau. Demikian pula air di telaga desa sudah mulai menipis.
 
“Oleh sebab itu, Ansor Balongpanggang langsung bergerak untuk memberikan bantuan air bersih ke Desa Dohoagung," ujar Ketua PAC Ansor Balongpanggang tersebut.
 
Dan pada Senin (7/10), Ansor memberikan bantuan air bersih ke Desa Dohoagung dengan didampingi langsung oleh beberapa perangkat desa dan anggota Ansor.
 
"Kami dari pihak pemerintah desa mengucapkan terima kasih kepada Ansor yang sudah memberikan bantuan air bersih kepada warga masyarakat Desa Dohoagung,” kata Warsito Adi.
 
Kepala Desa Donoagung ini turut berharap dengan bantuan tersebut warga bisa memanfaatkan air bersih sebaik mungkin.
 
“Dan kami sebagai warga juga sangat merasa terbantu dengan adanya bantuan ini,” tandas Warsito Adi.
 
Bantuan air bersih ini sudah berjalan ke beberapa dusun yang terdampak kekurangan air bersih yaitu di Dusun Dohoagung, Gadel, Pacuh, Mojopuro, Kedungpring , serta Kampung. Dan bantuan air bersih tersebut juga masih berlanjut hingga sekarang.
 
"Mari kita semua berdoa semoga segera turun hujan agar kemarau panjang ini segera berakhir dan petani pun bisa mulai bercocok tanam," harap Ahmad Syaifulloh, anggota PAC GP Ansor Balongpanggang.
 
Meski bantuan air bersih ini belum mencukupi kebutuhan semua warga ,tapi bisa meringankan mereka yang kekurangan air bersih. 
 
Pantauan NU Online di lokasi, warga terlihat antusias mengantri. Dan mereka sangat senang karena adanya bantuan air bersih ini, meskipun belum mencukupi untuk kebutuhan harian.
 
 
Kontributor:  M Jauhari Utomo
Editor: Ibnu Nawawi
 
BNI Mobile