IMG-LOGO
Daerah

Kader IPNU-IPPNU Harus Memahami Mabadi Khaira Ummah


Selasa 8 Oktober 2019 19:45 WIB
Bagikan:
Kader IPNU-IPPNU Harus Memahami Mabadi Khaira Ummah
Kemah bakti DKC CBP IPNU dan KKP IPPNU Jepara
Jepara, NU Online
Wakil Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Jepara, Jawa Tengah K Ahmad Hilaludin mengatakan, melalui kegiatan-kegiatan positif seperti kemah kebangsaan dan gelar kebudayaan ini diharapkan kader Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) bisa memahami salah satu tujuan didirikannya organisasi Nahdlatul Ulama, yakni Mabadi Khaira Ummah.
 
"Sebagai kader muda NU, IPNU-IPPNU sudah seharusnya memahami segala isi pedoman, garis perjuangan, dan amaliyah NU. Karena pada kalian NU akan diserahi untuk meneruskan estafet kepemimpinan NU di masa yang akan datang," ujarnya.

Hal ini disampaikan dalam kegiatan kemah kebangsaan dan gelar kebudayaan yang diselenggarakan Dewan Koordinasi Cabang (DKC) Corp Brigade Pembangunan (CBP) IPNU dan Korp Pelajar Putri (KPP) IPPNU kabupaten Jepara di MTs MIftahul Huda Bulungan Pakis Aji Jepara Ahad (6/10) malam.
 
Lebih lanjut dijelaskan, lima prinsip mabadi khaira ummah harus dipahami dan diaplikasikan oleh kader IPNU IPPNU. “Pertama As-Sidqu, kejujuran atau transparan. Apa yang dikatakan dan diperbuat harus sama,” katanya
.
Kemudian yang kedua adalah Al-Amanah, dapat dipercaya. “Jadilah kader yang dapat dipercaya. Kalian jadi pengurus IPNU-IPPNU merupakan amanah, maka dari itu kalian harus bisa menjadi pengurus yang baik, sehingga bisa memberi manfaat untuk orang banyak,” tambahnya.

Yang ketiga adalah Al-Adalah, adil, artinya adil terhadap diri sendiri maupun kepada orag lain. “Tidak memandang teman atau musuh, kalau memang salah ya bilang salah,” tegasnya.

Selanjutnya adaah At-Taawun, tolong menolong. Harus saling membantu satu sama lain. “Sifat taawun harus kita tanamkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Mana kita berhadapan dengan siapapun, kita harus saling tolong menolong,” terangnya.

Yang terakhir adalah Al-Istiqamah, ketika memiliki prilaku dan pendapat yang baik, maka harus kita pertahankan. “Selama kader IPNU-IPPNU istiqamah melakukan kegiatan positif seperti ini, Insyaallah NU dan bangsa Indonesia ke depan akan semakin baik,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu hadir juga Plt Bupati Jepara, H Dian Kristiandi, Direktur Pascasarjana Unisnu Jepara, H Barowi, Kasatbimnas Polres Jepara, kepala MTs Miftahul Huda Bulungan M Rodhi, dan ratusan kader IPNU-IPPNU Se-Kabupaten Jepara.

Kontributor: Yusrul Wafa
Editor: Abdul Muiz
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Maulid Akbar dan Doa untuk Keselamatan Bangsa
Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
IMG
IMG