Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Obituari Video Nikah/Keluarga Tokoh Hikmah Arsip

LAZISNU Pringsewu Kumpulkan Rp. 1,5 Miliar Lebih dari Kotak Koin

LAZISNU Pringsewu Kumpulkan Rp. 1,5 Miliar Lebih dari Kotak Koin
Kotak Koin Pondasi Akherat LAZISNU Pringsewu (Foto: NU Online/M Faizin)
Kotak Koin Pondasi Akherat LAZISNU Pringsewu (Foto: NU Online/M Faizin)

Pringsewu, NU Online

Mulai Januari sampai Agustus 2019, Lembaga Amil Zakat, Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Pringsewu, Lampung berhasil mengumpulkan uang dari Kotak Koin Pondasi Akhirat sebesar Rp. 926.715.240,- (Sembilan ratus juta lebih). Data ini disampaikan Bendahara LAZISNU Kabupaten Pringsewu, M. Kabul Muliarto terkait grafik peningkatan yang cukup signifikan dari program sosial ini dibanding tahun lalu.

 

Di awal peluncuran program ini pada April 2018 lalu, terkumpul sebanyak Rp. 606.900.050,- sampai dengan Desember 2018. Jadi belum genap dua tahun program ini dilaksanakan, LAZISNU Kabupaten Pringsewu sudah membukukan uang koin sebesar Rp. 1,5 Miliar tepatnya Rp. 1.533.615.290,-.

 

“Dana yang didapatkan ini, diperuntukkan untuk berbagai program kegiatan di setiap levelnya mulai dari program tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten. Berbagai bidang seperti kesehatan, pendidikan, sosial, tanggap bencana, dan keagamaan sudah dilaksanakan selama 2018 dan 2019,” kata Kabul kepada NU Online, Rabu (9/10).

 

Ia mencontohkan mulai Januari sampai dengan Agustus 2019 ini, LAZISNU Pringsewu telah membayarkan biaya pengobatan gratis bagi masyarakat melalui program Jalin Kesehatan sebesar Rp. 154.921.500,-. Program ini diperuntukkan bagi para pemegang kotak koin. Bekerjasama dengan para dokter dan lembaga kesehatan, LAZISNU Pringsewu menggratiskan biaya pengobatan.

 

Selain itu berbagai kegiatan sosial seperti santunan kepada yatim piatu, dhuafa, dan guru ngaji juga terus dilaksanakan selama tahun 2018 dan 2019. Semua itu dianggarkan dari uang koin yang terlihat sepele namun jika dikumpulkan memiliki manfaat yang luar biasa.

 

“Alhamdulillah LAZISNU Pringsewu juga berperan aktif dalam tanggap bencana yang terjadi baik di dalam wilayah Kabupaten Pringsewu maupun di luar kabupaten bahkan provinsi. Seperti yang terbaru ini bencana angin puting beliung yang memporakporandakan rumah penduduk di Kecamatan Pagelaran Utara,” jelasnya.

 

Dan untuk lebih memaksimalkan pelayanan di bidang kesehatan dan sosial, saat ini LAZISNU Pringsewu juga sudah memiliki 1 unit kendaraan ambulans. Pelayanan ambulans yang diresmikan operasionalnya oleh Bupati Pringsewu ini diberikan secara gratis.

 

“Bukan hanya LAZISNU Pringsewu yang memanfaat ambulans ini. Lembaga sosial lainnya di Kabupaten Pringsewu juga memanfaatkan ambulans ini untuk aksi sosial,” terangnya.

 

Pewarta: Muhammad Faizin

Editor: Aryudi AR

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya