IMG-LOGO
Trending Now:
Daerah

Ribuan Santri Hafidz Ikuti Wisuda Akbar Hari Santri di Pringsewu

Kamis 10 Oktober 2019 20:30 WIB
Ribuan Santri Hafidz Ikuti Wisuda Akbar Hari Santri di Pringsewu
Para santri saat wisuda akbar dalam rangka Hari Santri di Pringsewu, Lampung. (Foto: NU Online/Faizin)
Pringsewu, NU Online
Ribuan santri dari pesantren dan lembaga pendidikan di Kabupaten Pringsewu mengikuti Wisuda Akbar Tahfidzul Qur'an di Pendopo Pringsewu, Provinsi Lampung, Kamis (10/10). Mereka adalah para hafidz dan hafidzah yang telah berhasil menghafalkan Al-Qur'an 30 Juz, 20 Juz, 10 Juz, dan 1 Juz.
 
Ketua Panitia Wisuda Akbar KH Abdul Hamid mengatakan bahwa wisuda ini merupakan kegiatan perdana dengan jumlah terbanyak di Kabupaten Pringsewu. Antusiasme para santri sangat tinggi untuk menjadi bagian dari legiatan yang dibarengkan dengan Harlah Jamiyyatul Qurra wal Huffadz Nahdlatul Ulama (JQHNU).
 
“Target kami seribu peserta. Namun sampai hari H pelaksanaan masih saja ada yang ingin ikut serta sehingga total seluruh wisudawan dan wisudawati mencapai 1.468 orang,” kata Pengasuh Pesantren Tahfidzul Qur'an Al Husna Pringsewu ini.
 
Wisuda Akbar Tahfidzul Qur'an ini, lanjutnya, juga merupakan kegiatan perdana yang dilaksanakan di arena Santri Expo 2019 dalam rangka memeriahkan Hari Santri 2019 tingkat Kabupaten Pringsewu.
 
Bupati Pringsewu KH Sujadi yang hadir memberi sambutan sekaligus ikut serta mewisuda para santri tersebut mengatakan, kegiatan positif ini dapat menjadi wahana penguatan untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas hafalan bagi para hafidz dan hafidzah.
 
Wisuda akbar ini menurut bupati yang juga seorang hafidz ini sangat bermanfaat untuk menyatukan metode penghafalan Al-Qur'an sekaligus mempertegas sanad keilmuan yang menjadi bagian penting dari keabsahan menuntut ilmu.
 
“Menghafal Al-Qur'an harus jelas sanad (silsilah gurunya) sampai dengan Nabi Muhammad SAW,” jelas Abah Sujadi, sapaan akrabnya.
 
Dalam mewarnai Kabupaten Pringsewu dengan nilai-nilai Al-Qur'an, ia juga memaparkan beberapa program yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah. Di antaranya, mengadakan semaan Al-Qur'an bersama para hafidz dan hafidzah se-Kabupaten Pringsewu.
 
Kegiatan tersebut, lanjut dia, dilaksanakan di Masjid Darussalam Komplek Kantor Pemda Pringsewu. Kegiatan ini dilaksanakan setiap selapan atau 36 hari sekali bersama para hafidz dan hafidzah JQHNU Kabupaten Pringsewu.
 
“Pemkab Pringsewu saat ini juga sedang mengerjakan proyek penerjemahan Al-Qur’an ke dalam bahasa Lampung. Terjemahan berbahasa Lampung ini akan diluncurkan saat pembukaan MTQ Provinsi Lampung ke-48 tahun 2020 di Kabupaten Pringsewu,” terangnya.
 
Hadir pada Wisuda Akbar tersebut, Ketua MUI Kabupaten Pringsewu KH Hambali, Rais Syuriyah PCNU Pringsewu KH Ridwan Syuai, Ketua PCNU Pringsewu H Taufik Qurrahim, para pengasuh pondok pesantren, dan para pengurus NU, badan otonom dan lembaga.

 
Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Musthofa Asrori
 
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG