IMG-LOGO
Daerah

NU Jateng Dukung Lampung Lokasi Muktamar Ke-34 NU


Jumat 11 Oktober 2019 19:30 WIB
Bagikan:
NU Jateng Dukung Lampung Lokasi Muktamar Ke-34 NU
Sekretaris PWNU Jateng, KH Hudallah Ridwan Naim (Foto: NU Online/Samsul)
Semarang, NU Online
Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah mendukung penuh keputusan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang menetapkan Provinsi Lampung sebagai lokasi penyelegaraan  Muktamar  ke-34  NU pada September 2020 mendatang.
 
Sekretaris PWNU Jateng KH Hudallah Ridwan Naim mengatakan, demi kebesaran NU secara nasional, warga NU Jateng ikhlas, ridla, dan mendukung penuh Lampung dijadikan lokasi Muktamar ke-34 tahun depan.
 
"Keputusan PBNU tepat sekali, sudah saatnya NU memperkuat dan memperluas jaringannya di luar Jawa. Melalui muktamar ke-34 ini semoga NU semakin semarak di Sumatera khususnya," kata Gus Huda di sela rapat persiapan Lailatul Ijtima PWNU Jateng di Semarang, Kamis (10/10).
 
Menurutnya, penunjukan Lampung sebagai lokasi penyelenggaraan muktamar itu ditetapkan melalui Surat Keputusan PBNU Nomor 420/AII/04 D/10/2019 tentang tempat penyeleggaraan Muktamar Nahdlatul Ulama ke-34.
 
Jauh sebelum terbitnya keputusan itu lanjutnya, PWNU Jateng di arena Konferensi Besar dan Munas Alim Ulama di Jabar beberapa waktu lalu sudah mengusulkan agar muktamar ke-34 dilakasanakan di luar Jawa, meski Jateng sendiri masuk  dalam nominator bersama  delapan PWNU lainnya untuk ketempatan agenda muktamar.
 
Penyelenggaraan muktamar NU di Lampung tahun depan lanjutnya, memiliki makna strategis, selain untuk mendorong dinamisasi Nahdliyin di luar Jawa sekaligus untuk menunjukkan kebesaran NU secara nasional dan internasional, NU bukan organisasi lokal Jawa saja.
 
Dia menambahkan, dengan demikian Lampung tercatat sebagai daerah di luar Jawa ke-4 yang ditempati sebagai lokasi muktamar. Sebelumnya, Muktamar ke-9 tahun 1936 dilaksanakan Banjarmasin (Kalsel), Muktamar ke-21 di Medan (Sumut), dan  Muktamar ke-32 tahun 2010 di Makassar (Sulsel).
 
Penyelenggaraan muktamar di Lampung tuturnya, sekaligus sebagai wujud nyata  partisipasi NU dalam menjaga keutuhan NKRI dengan membesarkan jamiyah di wilayah luar Jawa, karena selama ini terjadi sejumlah konflik dan benturan isu SARA yang harusnya dihentikan agar tercipta perdamaian.
 
Dengan digelarnya Muktamar NU di luar Jawa, akan menguatkan ideologi kebangsaan yang secara jangka panjang akan melahirkan diplomasi ideologi untuk menjaga NKRI dari konflik yang merusak tatanan kehidupan beragama dan bernegara. 
 
"Terkait teknis, kami yakin Lampung mampu menyiapkan agenda besar ini dengan baik," pungkasnya.
 
Kontributor: Samsul
Editor: Abdul Muiz
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Maulid Akbar dan Doa untuk Keselamatan Bangsa
Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
IMG
IMG