IMG-LOGO
Nasional
HARLAH SEWINDU HPN

Omset Bazar HPN di Bandung Capai Ratusan Juta


Ahad 13 Oktober 2019 13:45 WIB
Bagikan:
Omset Bazar HPN di Bandung Capai Ratusan Juta
Pembukaan bazar Halah HPN di Bandung (Foto: HPN)
Bandung, NU Online
Sejumlah pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang mengikuti bazar Himpunan Pengusaha Nahldiyin (HPN) di Bandung menuai 'panen' dari larisnya stan mereka.
 
Tak sedikit UMKM yang menghasilkan omset sekitar Rp1,5 juta hingga Rp2 juta per hari dalam Bazar, Ekspo, dan Jalan Sehat di Kiara Artha Park Jl Banten, Kebonwar Kecamatan Batununggal Bandung, Jawa Barat.
 
Bazar dan Ekspo HPN ini dalam rangkaian peringatan Harlah Sewindu HPN Sabtu-Ahad, 12-13 Okober 2019.
 
Rila, salah satu pelaku UMKM mengkapkan kebahagiannya dengan larisnya stan yang dibukanya di arena Harlah HPN ini.
 
"Alhamdulillah Pak, omset lumayan dan kalau nanti ada lagi semacam ini, kami minta ikut lagi," ujar Rila, pengusaha minuman instan yang membuka dua stan.
 
Dilihat perbandingannya antara biaya sewa dan penjualannya, Rila mengaku mendapatkan keuntungan. "Dengan biaya sewanya masih untung Pak, lumayan," katanya.
 
Hal senada juga disampaikan oleh Euis pedagang sosis bakar. Hasil yang diperoleh kali ini lumayan bagus dibandingkan dengan dagang ditempat lain. "Sebelumnya sering ikut acara semacam, namun hasilnya tidak seperti sekarang," katanya.
 
Kesuksesan tersebut tak luput dari upaya panitia dengan melakukan promosi yang tepat, seleksi acara yang akan dilakukan, serta membuat susunan acara tepat. Hal itu juga yang menjadi langkah awal sebuah kesuksesan acara selain kekompakan panitia yang terlibat di dalamnya.
 
Ketua II Bidang Industri Perdagangan, Industri Kesehatan dan Industri Keuangan PP HPN Dripa Sjabana mengatakan, Panitia Harlah HPN Bandung sangat strategis dalam melakukan promosi kegiatan antara lain melalui Radio Elsintha dan media lain. Hasilnya, acara yang sudah disusun selama tiga bulan itu, mampu menyedot pengunjung yang lumayan banyak, dan penghasilan pengisi stan yang tinggi.
 
"Bila satu booth menghasilkan omset Rp3 juta dalam dua hari, bila diikuti oleh 100 stan (pengusaha) maka uang yang beredar dalam acara selama dua hari sekitar Rp300 juga dalam dua hari. Padahal fakta di lapangan, satu booth bisa dua hingga tiga pedagang yang berjualan sehingga omset semestinya bisa lebih," urainya.
 
Menurutnya, bila acara serupa diduplikasi ke sembilan kota lainnya maka uang yang berputar di seluruh rangkaian acara Harlah Sewindu HPN mencapai Rp2,7 miliar.
 
"Inilah bentuk jejaring ekonomi umat. Bila ini diaplikasikan dengan tepat maka acara yang dihimpun HPN sangat berguna bagi umat Islam pada umumnya," imbuh Dripa.
 
Editor: Kendi Setiawan
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Maulid Akbar dan Doa untuk Keselamatan Bangsa
Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
IMG
IMG