Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Ikhtiar Memasyarakatkan Majlis Dzikir di Mempawah Kalimantan Barat

Ikhtiar Memasyarakatkan Majlis Dzikir di Mempawah Kalimantan Barat
Jamaah Majlis Dzikir Minadz Dzulumati Ilannur di kediaman Ketua MWCNU Mempawah Hilir, Mempawah, Kalbar. (Foto: NU Online/panitia)
Jamaah Majlis Dzikir Minadz Dzulumati Ilannur di kediaman Ketua MWCNU Mempawah Hilir, Mempawah, Kalbar. (Foto: NU Online/panitia)
Mempawah, NU Online
Perlahan namun pasti, keberadaan Majlis Dzikir Minadz Dzulumati Ilannur digandrungi warga di kawasan Mempawah, Kalimantan Barat. Sudah sepuluh tahun majlis ini selalu diselenggarakan saban Senin malam yang dipusatkan di kediaman Ustadz Saifuddin.
 
Dalam pelaksanaannya, majlis dzikir diikuti sejumlah habib, kiai, santri, hingga masyarakat kebanyakan. 
 
“Alhamdulillah dari waktu ke waktu, keberadaan majlis ini kian membaik,” kata Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Mempawah Hilir, Mempawah tersebut, Senin (14/10).  
 
Tidak semata di kawasan Mempawah Hilir, hingga kini aktifitas Majlis Dzikir Minadz Dzulimati Ilannur telah merambah sejumlah kawasan di Mempawah. 
 
“Misalnya di Desa Sengkubang, Pladis dan di kabupaten lain seperti Kabupaten Bengkayang, Kota Singkawang, Kabupaten Kubu Raya, Kota Pontianak. Sambas dan Entikong.  Juga tidak kalah keren majlis ini sudah sampai ke luar negara yakni Malaysia,” ungkapnya kepada media ini.  
 
Ustadz Saifuddin selaku pimpinan berharap bahwa masyarakat dapat aktif mengikuti kegiatan tersebut.  Karena akan banyak manfaat yang bisa diraih dengan semakin memasyarakatkan majlis dzikir.
 
“Banyak sekali manfaatnya tatkala kita istikamah dalam mengamalkan dzikir dan shalawat.  Tidak hanya sampai di kegiatan dalam mengamalkannya, melainkan mengistikamahkan di setiap harinya merupakan kewajiban kita sebagai umat Islam,” tuturnya.
 
Kurang lebih 300 peserta secara rutin memadati halaman dan kediaman Ustadz Saifuddin beliau. Kehadiran mereka dari berbagai kawasan itu tidak lain hanya ingin berdzikir dan bershalawat bersama habaib dan kiai. 
 
Di kesempatan Senin malam lalu, turut juga hadir Lora Hamid, putra KH Sholeh Jerenguan dari Jawa Timur, beberapa kiai dan habaib. Juga terlihat beberapa santri dari pondok pesantren yang ada di Kabupaten Mempawah. 
 
Salah seorang jamaah atas nama Djumi Hartono mengatakan bahwa ini adalah majlis yang sangat istikamah dan selalu dipenuhi jamaah dari kalangan masyarakat dengan berbagai macam suku yang ada di Kabupaten Mempawah bahkan se-Kalimantan Barat.  
 
“Inilah yang membuat saya sangat senang dan semangat untuk terus mengikuti setiap kegiatan Majlis Dzikir Minadz Dzulumati Ilannur ini. Dan kami juga berharap bahwa masyarakat Kabupaten Mempawah dapat menghadiri kegiatan ini,” tandasnya.
 
 
Pewarta: Ibnu Nawawi
Editor: Aryudi AR
 
BNI Mobile