IMG-LOGO
Daerah

Kiprah Muslimat NU Jayapura Kembangkan Pendidikan Usia Kanak-kanak


Sabtu 19 Oktober 2019 10:00 WIB
Bagikan:
Kiprah Muslimat NU Jayapura Kembangkan Pendidikan Usia Kanak-kanak
Muslimat NU Jayapura bersama istri Bupati Trenggalek Novita Hardini Mochamad (Foto: NU Online/Joko Prayitno)
Jayapura, NU Online
Hari itu menjadi hari yang istimewa untuk Muslimat NU Kota Jayapura, Papua. Di sela-sela kesibukan mereka berbakti untuk umat, setelah menyalurkan bantuan untuk para pengungsi di Wamena, di TK Kartika Aswaja Jayapura, sekolah yang dikelola YPMNU Muslimat NU Kota Jayapura mendapat kunjungan dadakan dari Bunda PAUD Trenggalek yang adalah istri Bupati Trenggalek, Novita Hardini Mochamad.
 
Kala itu, Kamis, 10 Oktober 2019 Novita sedang mendampingi suaminya yang dijadwalkan bertolak ke Wamena guna melihat situasi terakhir dan ikut melakukan upaya pemulihan usai kerusuhan beberapa waktu sebelumnya.
 
Dalam kunjungan itu, ia disambut oleh Ketua Muslimat NU Kota Jayapura, Hj Isti Budi Suroyo dan Sekretaris Husnul Hamidiah, serta guru-guru TK Kartika Aswaja Jayapura.

Pada pertemuan itu mereka melakukan diskusi ringan mengenai proses pembelajaran di TK tersebut. Antara lain tentang pembelajaran yang digunakan di TK Kartika Aswaja seperti sistem sentra yakni sentra persiapan, sentra seni, sentra peran dan sentra balok. Model sentra yang dikembangkan adalah Creative Curiculum, yaitu mengelola kegiatan pembelajaran yang seimbang antara bimbingan guru dengan inisiatif anak.

Pembelajaran menekankan pada dukungan pengembangan minat, potensi dan kekuatan anak. Bermain dipandang sebagai kerja sehingga anak diberi kesempatan untuk memulai dari pengembangan ide, hingga tuntas menyelesaikan hasil karyanya dari awal sampai selesai.
 
Dukungan guru sebagai fasilitasi anak mengembangkan kecakapan berpikir aktif dan anak diberi keleluasaan untuk melakukan eksplorasi untuk memahami dunia sekelilingnya.

Selain itu, dibahas pula isu-isu aktual tentang pendidikan, khususnya pendidikan anak usia dini. Pertemuan ditutup dengan penyerahan cinderamata, ramah-tamah dan sesi foto bersama.
 
Kotributor: Joko Prayitno 
Editor: Kendi Setiawan
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Maulid Akbar dan Doa untuk Keselamatan Bangsa
Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
IMG
IMG